Proposal Usaha Frozen Food Bisnis yang Ramai di Masa Pandemi

Proposal Usaha Frozen Food: Bisnis yang Ramai di Masa Pandemi

Proposal Usaha Frozen Food

Banyak sekali pilihan usaha makanan atau kuliner yang memiliki potensi keuntungan yang sangat menjanjikan. Salah satunya yaitu usaha frozen food yang saat ini sudah menjadi jenis usaha yang populer. Contoh proposal usaha frozen food bisa menjadi referensi jenis proposal yang tepat guna.

Setiap orang bisa memulai atau menjalankan usaha frozen food ini, apalagi sudah banyak supplier frozen food yang menyediakan beragam jenis makanan beku tersebut. Dalam pengembangannya, tentu diperlukan proposal yang membantu para pengusaha mendapat tambahan dana/modal.

Contoh Proposal Usaha Frozen Food

Berikut ini contoh dari proposal usaha untuk jenis bisnis makanan beku atau frozen food:

Latar Belakang

Saat ini perkembangan di dunia kuliner sedang sangat berkembang dengan pesatnya. Hal ini bisa dilihat dari mulai banyaknya bermunculan jenis-jenis makanan yang dijual di pasaran. Misalnya jenis makanan cepat saji, makanan kemasan, makanan ringan, dan sebagainya.

Peningkatan lainnya di dunia kuliner ini adalah tren makanan fast food yang terus mengalami kenaikan. Hal itu bisa disebabkan oleh kurangnya waktu untuk memasak bagi sebagian orang. Padatnya aktivitas atau pekerjaan seseorang membuatnya lebih memilih jenis makanan cepat saji.

Makanan beku atau frozen food menjadi salah satu jenis makanan yang mulai banyak dipilih dan dikonsumsi oleh banyak orang saat ini, karena penggunaannya mudah, praktis, dan cara pengolahannya yang cepat.

Makanan beku ini menjadi salah satu jenis makanan siap saji yang bisa diolah dan dimakan kapan saja. sajian kuliner ini juga menjadi jenis sajian kuliner kreatif yang juga menjadi pengembangan dari jenis-jenis makanan yang telah ada sebelumnya.

Produk utama dari frozen healthy food di tempak kami yang tersedia saat ini adalah meatball atau bola daging. Namun pembuatan bola daging atau yang familiar dengan sebutan bakso di Indonesia, sebenarnya tidak harus dibuat dari daging saja.

Untuk itu, kami memproduksi frozen food yang berupa bakso yang diolah dengan bahan dasar sayuran dan ikan gabus. Ide pembuatan bakso dengan bahan olahan sayuran ini dimulai dari beberapa faktor di bawah ini:

  • Bakso selalu menjadi jenis makanan favorit sebagian besar masyarakat di Indonesia.
  • Konsumen bakso tersebar di setiap wilayah/daerah di Indonesia, dari mulai anak-anak, orang dewasa hingga orang tua.
  • Bakso merupakan jenis makanan siap saji yang kandungan gizinya minim, karena sebagian besar kandungannya berupa lemak dan protein yang mengandung kolesterol tinggi.
  • Tidak semua orang suka dengan jenis makanan sayur, sehingga adanya tambahan sayur pada makanan yang berupa bakso tidak ada pengaruhnya sama sekali. Terkadang konsumen yang tak suka sayur harus terpaksa memakannya.
  • Bakso yang dibuat dari sayuran mengandung banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Misalnya kandungan vitamin dan serat yang aman dikonsumsi oleh setiap orang. Khususnya bagi mereka yang sedang berdiet.
  • Makanan beku bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Penyimpanan bakso beku di freezer bisa tahan hingga 1 bulan lamanya. Makanan beku berupa bakso ini juga mudah dikonsumsi dan bisa dimakan kapan saja.

Alur Produksi Frozen Healthy Food

Berikut ini bahan dan cara pembuatan makanan beku bakso sayuran:

Bahan-bahan:

  • Sayuran apa saja (bisa berupa wortel, brokoli, atau jenis sayuran hijau lainnya)
  • Ikan gabus
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Merica
  • Minyak
  • Bawang putih

Cara membuat:

  • Pertama-tama bahan daging dari ikan gabus digiling terlebih dulu. Kemudian diblender sampai menjadi sangat halus.
  • Sayuran dibuat juice lalu ampasnya diambil.
  • Buat adonan bakso dengan mencampurkan semua bahan, kemudian bentuk bakso menjadi bentuk bulat dan dalam berbagai ukuran dari yang kecil sampai yang besar.
  • Masak adonan hingga matang dengan cara merebusnya.
  • Kemas makanan tersebut kemudian dibekukan.
  • Jadilah bakso beku sayuran dan ikan.

Untuk sementara seluruh produksi makanan beku ini dilakukan dalam skala kecil yaitu rumah tangga saja. Peralatan yang digunakan dalam membuat bakso diantaranya yaitu food processro, grinder, dan vacuum sealer.

Aspek Pemasaran

Strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha bakso beku atau frozen healthy food ini adalah, masih dengan cara mulut ke mulut bagi orang-orang yang sudah pernah mengkonsumsi makanan beku ini secara langsung.

Promosi dilakukan di acara-acara tertentu seperti arisan, ibu-ibu PKK, hajatan/undangan, dan sebagainya. Kemudian kami juga mulai mempromosikannya di sosial media, dan cukup banyak yang tertarik karena bakso beku ini masih menjadi makanan yang unik.

Bahan dasar sayuran dan ikan pada makanan beku ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Penutup

Kesimpulannya, kami memerlukan tambahan dana untuk meluaskan jaringan dengan memproduksi lebih banyak lagi makanan beku kemasan tersebut. Rincian biayanya sudah kami lampirkan di halaman lainnya.

Dalam membuat proposal usaha frozen food ini memang harus ditambahkan keunikan dari produknya, agar investor juga tertarik untuk mengeluarkan dananya pada usaha tersebut. Seperti misalnya pemilihan produk frozen food dengan inovasi terbaru seperti contoh di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.