Proposal Bisnis Dapur Bersama atau Cloud Kitchen

Proposal Bisnis Dapur Bersama atau Cloud Kitchen

Proposal Bisnis Dapur Bersama

Bisnis makanan dengan konsep Cloud Kitchen sedang menjadi bisnis yang populer. Untuk memulai usaha resto konvensional tentu dibutuhkan modal yang besar. Namun modal untuk usaha Cloud Kitchen tidak sebesar itu. Anda bisa mengajukan proposal bisnis dapur bersama atau Cloud Kitchen.

Pengajuan proposal ini bisa untuk penambahan dana/modal dalam memulai bisnis kuliner. Namun jumlah modalnya tentu tidak akan sebesar resto konvensional. Potensi bisnis dari Cloud Kitchen ini sangat besar dan sangat mudah.

Contoh Proposal Bisnis Dapur Bersama atau Cloud Kitchen

Latar Belakang

Untuk menyiapkan makanan/hidangan dalam jumlah besar di suatu acara/kegiatan tertentu, akan lebih mudah jika memesan makanan saja. Hal ini diambil dari pertimbangan waktu dan tenaga yang tentunya lebih cepat dan praktis.

Maka dari itu, bisnis Cloud Kitchen bisa menjadi pilihan terbaik dari bisnis kuliner di zaman sekarang. Peluang pasar dari bisnis ini cukup besar tetapi menjalankan bisnisnya pun tidak ribet. Cloud Kitchen merupakan jenis restoran yang banyak menawarkan layanan pesan antar.

Jadi, penyedia makanan dan juga pemesan makanan tidak melakukan kontak secara langsung. Kami hanya menyediakan beragam menu populer kemudian menawarkan jasa pengiriman makanan tersebut.

Konsep Cloud Kitchen juga cocok dijalankan oleh pebisnis pemula yang minim modal. Cloud Kitchen juga menjadi solusi terbaik dalam titik awal menjalankan bisnis kuliner. Menu makanan yang dijual di sana lebih beragam serta bisa bereksperimen dengan bebas.

Tujuan

Salah satu tujuan dari dibuatnya bisnis Cloud Kitchen ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara regional, khususnya dalam bidang kuliner. Kemudian menjadikan bisnis ini menjadi tren bisnis baru di bidang kuliner.

Tinjauan Konseptual

Cloud Kitchen juga sering disebut dengan Ghost Kitchen, Invisible Kitchen, dan sebagainya. Konsepnya adalah makanan/minuman hanya bisa dipesan di aplikasi dan dari beberapa restoran. Sistem layanannya hanya dengan pengantaran pesanan saja.

Bisnis kami hanya mengeluarkan investasi berupa alat dan lokasi/tempat yang cukup untuk dapur. Namun tidak perlu menambah area lainnya untuk meja dan kursi makan. Dalam bisnis ini juga tidak ada pengeluaran berupa gaji karyawan.

Pemakaian aplikasi untuk pemesanan makanan sangat memudahkan para pelanggan, yang tidak bisa keluar rumah. Hanya dengan satu aplikasi saja, pemilihan menu juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Konsep Bisnis

Konsep dalam bisnis Cloud Kitchen ini bisa menjadi pendekatan yang baik dalam bidang penjualan makanan dan juga minuman. Bisnis kami juga menjadi bisnis start up sebelum benar-benar memiliki restoran yang sebenarnya.

Menu yang kami tawarkan pada pelanggan adalah roti isi yang merupakan makanan khas dari Italia. Variasi menu di tempat kami sangat beragam, mulai dari menu roti, daging, olesan, minuman, dan sebagainya.

Kami juga menawarkan roti sandwich yang mengedepankan menu khas Italia. Seperti misalnya jenis roti Ciabatta, Focaccia, dan sebagainya. Focaccia memiliki aromanya yang sangat khas dan mampu menambah cita rasanya dengan baik.

Sedangkan Ciabatta mempunyai tekstur renyah di bagian kulitnya. Dengan pilihan olesan seperti honey mustard, bolognaise, dan masih banyak pilihan lainnya. Untuk menu dagingnya sendiri yaitu berupa daging sapi asap, daging ayam panggang, daging sapi panggang, dan sejenisnya.

Lokasi Usaha

Cloud Kitchen yang kami jalankan ini berlokasi di tempat yang cukup strategis di Kota Bandung, yaitu di wilayah Dago. Pertumbuhan ekonomi di wilayah ini sangat cepat dan menjadi pusatnya di Kota Bandung.

Sejumlah fasilitas publik juga lengkap ada di wilayah tersebut. Sarana dan prasarananya yang lengkap membuat tempat ini sangat strategis. Akses jalan di pusat Kota Bandung juga memudahkan kurir makanan melakukan pengiriman dengan cepat dan sangat efektif.

Penduduk di sekitarnya juga sangat berpotensi menjadi pelanggan tetap di Cloud Kitchen kami. Ditambah lagi dengan menunya yang aneh dan belum banyak di Indonesia. Kami memastikan lokasi usaha ini sangat pas untuk berjualan dan menjalankan bisnis kuliner yang kekinian.

Potensi Usaha

Dalam kondisi masa pandemi saat ini dampaknya untuk usaha bidang kuliner memang sangat terasa. Banyak jenis pekerjaan lainnya yang tidak bisa beroperasi dengan normal seperti sebelum pandemi.

Apalagi kebanyakan restoran tidak menyediakan layanan dine-in dan hanya ada layanan pesan antar saja. Untuk itu, bisnis cloud kitchen yang kami jalankan saat ini sangat berpotensi besar. Layanan pesan antar yang ditetapkan di tempat kami sangat pas dengan kondisi pandemi saat ini.

Kami juga menjamin penjualan dan keuntungan yang kami peroleh terbilang besar. Walaupun belum banyak masyarakat yang paham dengan konsep pembelian dan penjualannya. Namun layanan pesan antar sudah menjadi hal yang biasa di masa pandemi ini.

Contoh proposal bisnis dapur bersama atau cloud kitchen di atas menjadi referensi terbaik, bagi para pebisnis yang menjalankan bisnis cloud kitchen tersebut. Kurang lebih isi pembahasannya seperti contoh proposal di atas, supaya bisa menjadi panduan yang sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.