Contoh Proposal Usaha Pertanian Organik untuk Usaha Anda

Contoh Proposal Usaha Pertanian Organik untuk Usaha Anda

Proposal Usaha Pertanian Organik

Pertanian organik bukanlah hal yang baru, produksi pertanian ini sudah ada sebelum muncul obat kimia sintetis untuk tanaman. Kini, pertanian organik dijadikan usaha bagi sejumlah orang/petani. Untuk itu, proposal usaha pertanian organik diperlukan oleh para petani organik tersebut.

Dalam menjalankan usaha ini memang tidak mudah, ditambah lagi dengan beberapa kaidah utama yang harus dipatuhi. Dari mulai proses penyiapan lahannya hingga pemasaran tanaman organiknya, harus dilakukan dengan langkah yang tepat.

Contoh Proposal Usaha Pertanian Organik

A. Latar Belakang

Kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan kini semakin meningkat. Khususnya dalam memilih jenis makanan sehat yang dikonsumsi. Permintaan sayuran dan buah-buahan organik pun ikut meningkat. Maka banyak orang yang mulai menjalankan usaha dalam bidang pertanian organik.

Para petani organik ini mulai serius menjalankan usahanya. Demi memenuhi permintaan buah dan sayuran organik yang terus meningkat. Munculnya jenis sayur dan buag organik juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi makanan sehat.

Jenis makanan organik tersebut bebas dari pupuk kimia dan pestisida. Sehingga sangat aman dikonsumsi masyarakat baik anak-anak ataupun orang tua. Ditambah lagi dengan produk sayur dan buah impor dari luar negeri yang banyak menggunakan pestisida.

Tak heran jika masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih sayur dan buah organik karena dianggap lebih sehat.

B. Keunggulan Produk

Keunggulan dari produk sayur dan buah organik ini adalah lebih sehat dan terjamin, terutama dari produk-produk pupuk kimia dan pestisida. Produknya juga lebih segar dan lebih tahan lama, dibandingkan dengan sayur/buah pada umumnya.

Produk yang menggunakan bahan kimia lebih mudah layu dan juga busuk. Keunggulan lainnya adalah harganya cukup terjangkau, karena kebun organik ini dirawat dan dikelola sendiri. Maka biaya produksinya pun bisa diminimalisir.

Kami juga ingin membantu sejumlah masyarakat untuk mendapatkan makanan sehat dan berkualitas, dengan memberi harga yang lebih murah.

C. Analisis Usaha

  • Strengh

Kekuatan utama dari usaha ini adalah usaha pertanian organik ini dijalankan bersama. Maka setiap masalah/kendala yang menghambat bisa diatasi bersama. Masing-masing dari setiap anggota tim pelaksana telah memiliki spesifikasi dan keahliannya sendiri.

Selain itu, kami juga merupakan pengusaha pertanian organik yang cukup berpengalaman karena usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2012.

  • Weakness

Kelemahan dari usaha pertanian ini adalah masalah penjualan produk yang masih harus dibenahi. Untuk meluaskan jaringan selain di pasar rencananya produk ini juga akan dipasarkan di lingkungan kampus atau swalayan/hypermart.

Namun memang belum ada jaringan yang tepat untuk bisa masuk ke lingkungan tersebut.

  • Opportunity

Peluang yang berpotensi baik untuk penjualan produk adalah jumlah permintan yang besar, bahkan sebagian besar belum bisa dipenuhi dengan baik. Hal itu disebabkan oleh belum adanya kapitalis yang mau mengembangkan usaha pertanian organik ini.

  • Treathen

Ancaman yang harus diwaspadai dari usaha pertanian ini adalah serangan hama/penyakit pada tanaman. Maka tidak digunakan bahan kimia dalam berbudidaya tanaman ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah munculnya hama/penyakit tersebut.

D. Visi dan Misi

Visi

Menciptakan wilayah yang bergizi, sehat, dan juga sejahtera sehingga wilayah di mana tempat produk organik ini berada, bisa menjadi panutan.

Misi

  • Masyarakat mengkonsumsi sayuran organik serta bebas dari pestisida.
  • Menjadi kawasan percontohan dalam perkembangan sayuran organik yang menyehatkan.
  • Menjadi keranjang makanan organik se-Asean.

E. Target Pasar

Target konsumen kami adalah seluruh golongan, mulai dari kelas menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Tempat pemasaran produknya di berbagai tempat seperti pasar, warung, swalayan, dan sebagainya.

F. Teknik Promosi

Promosi yang paling tepat dan efektif dalam usaha pertanian organik ini adalah dari mulut ke mulut. Fokus usaha adalah pada kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Kami juga akan menawarkan produk ini ke sejumlah swalayan atau hypermart.

G. Gambaran Umum Pelaksanan Usaha

Pelaksanaan dan juga perawatan tanaman organik tidak sulit, dan bisa dilakukan dengan tahapan berikut:

  • Penyemaian bibit
  • Pembibitan
  • Penanaman
  • Perawatan
  • Pemupukan
  • Perawatan tambahan

H. Produk dan Estimasi Biaya

Produk tanaman organik yang berupa sayur dan tanaman diantaranya yaitu:

  • Terong
  • Cabe
  • Pare
  • Tomat
  • Melon
  • Bayam
  • Dan masih banyak lagi

Estimasi biaya totalnya sekitar Rp.5.000.000,- (dengan rincian yang terlampir).

I. Kesimpulan

Usaha pertanian organik yang kami jalankan ini sudah berkembang sesuai harapan dan sebagaimana mestinya. Namun masih harus dikembangkan jaringannya agar lebih meluas lagi dengan penambahan dana/modal terkait.

Kami juga masih membutuhkan peralatan tani lainnya yang cukup efektif dalam menjalankan dan mengembangkan usaha. Supaya masyarakat Indonesia terbiasa makan makanan sehat, dan mewujukan pola hidup yang baik dan sehat bagi banyak orang.

Produk sayur dan buah kami juga akan selalu ditingkatkan dari segi kualitasnya.

Untuk pembuatan proposal usaha pertanian organik yang diperlukan, bisa melihat contoh dan referensi di atas. Kemudian isinya disesuaikan dengan produk organik yang dijual. Pastikan format pembuatannya benar dan tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.