Usaha Pudding Art Prospek Bisnis Menjanjikan Masa Kini

Usaha Pudding Art: Prospek Bisnis Menjanjikan Masa Kini

Prospek Bisnis Usaha Pudding Art

Bisnis kuliner di era modern lebih dari sekedar memperhatikan kebersihan dan cita rasa, tapi food plating dan bentuk dari makanan itu sendiri juga sangat penting. Sebagai salah satu contoh, usaha pudding art adalah bisnis kuliner yang berhasil menarik banyak pelanggan potensial karena tampilannya yang indah.

Seni yang dituangkan ke dalam makanan penutup bertekstur lembut ini telah sukses besar dalam menarik target pasar, bahkan jika mutu dan kualitasnya bagus, para pelanggan potensial bisa berubah menjadi pelanggan tetap. Namun, bisnis ini termasuk tidak mudah untuk dijalankan.

Kelebihan Bisnis Pudding Art

Bisnis pudding art disebut-sebut sebagai salah satu bisnis yang memiliki prospek tinggi dan menjanjikan. (jika dikelola dengan cara yang baik dan benar).

Pernyataan ini rupanya bukan sekedar issu melainkan fakta, karena berikut adalah sejumlah kelebihan dari bisnis pudding art yang membuatnya banyak diminati para pengusaha baik pemula maupun berpengalaman:

  1. Bukan Usaha Pasaran

Jenis pudding sebenarnya ada banyak begitu juga dengan harganya. Ada pudding biasa yang dibanderol sekitar Rp 3.000 saja per cup kecil dengan rasa paling umum adalah coklat.

Ada juga pudding buah yang dijual dalam kemasan mulai dari cup kecil hingga wadah besar seukuran kotak makan dengan harga Rp 10.000 – Rp 30.000 tergantung ukuran dan jenis buah yang dimasukkan.

Beberapa produsen juga ada yang membuat pudding roti aneka topping mulai dari keju parut hingga kismis, yang dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal biasanya di atas Rp 50.000.

Tapi, ada juga pudding roti yang murah sekitar Rp 10.000 namun dalam kemasan cup kecil dan cita rasa yang kurang terjamin. Lalu untuk pudding art sendiri, harganya lebih tinggi dari beberapa jenis pudding lain karena proses membuatnya yang tidak mudah.

Pudding jenis ini biasa dijual dengan harga ratusan ribu bahkan ada yang lebih dari Rp 500.000, tergantung ukuran, rasa, dan tingkat kesulitan dari seni yang dituangkan.

Dengan patokan harga pasaran seperti ini, bisa dikatakan bahwa target pasar pudding art adalah kalangan menengah dan ke atas. Artinya, bisnis ini termasuk tidak pasaran.

  1. Omset Ratusan Juta

Jika satu pudding art dibanderol dengan harga Rp 350.000 saja misal, lalu target penjualan per hari adalah 10 buah, maka omset dalam sebulan adalah:

  • Omset per hari Rp 350.000 x 10 buah = Rp 3.500.000
  • Omset sebulan Rp 3.500.000 x 30 hari= Rp 105.000.000
  1. Bukan Bisnis Musiman

Pudding adalah salah satu dessert yang sudah ada sejak puluhan tahun silam dan sampai saat ini masih sangat eksis bahkan terus berkembang.

Artinya, pudding art ini mirip seperti aneka roti, kue, dan dessert lainnya, yaitu tidak musiman namun long lasting. Jadi, pemilik bisnis pudding art tidak perlu khawatir akan sepi peminat.

  1. Angka Penjualan Tinggi

Sejauh ini, pudding art berkualitas lebih sering dijadikan hidangan penutup di berbagai acara termasuk pesta pernikahan, ulang tahun, arisan, acara kantor, dan momen penting lainnya daripada untuk hidangan sehari-hari.

Ada juga yang menjadikan pudding art sebagai alternatif kue ulang tahun dan hadiah untuk saudara atau teman dekat. Ada yang membeli untuk dimakan sendiri tapi biasanya cukup jarang.

Misalnya pudding art yang dijadikan salah satu hidangan pesta, maka bisa dipastikan jumlah yang dipesan tidak hanya satu. Bahkan meskipun harga per porsi hanya Rp 100.000 misal, maka jika jumlah pesanan 50 buah saja, totalnya sudah Rp 5.000.000. Belum lagi jika yang memesan tidak hanya satu orang.

  1. Mudah Viral

Media sosial dipenuhi dengan berbagai hal namun biasanya sesuatu yang unik atau indah akan lebih cepat viral. Jika pemilik bisnis pudding art paham tentang metode promosi online yang menarik, maka pelanggan potensial akan mudah didapat dalam waktu singkat.

Berbagai Tantangan Memulai Usaha Pudding Art

Lima hal menggiurkan di atas tentunya tidak didapat dengan mudah. Ada banyak usaha, ide, dan sejumlah tantangan seperti berikut:

  1. Skill Tinggi

Pudding art bukan hidangan yang bisa dibuat oleh sembarang orang. Pemilik usaha harus berjiwa seni dan memiliki kemauan kuat untuk belajar serta terus berlatih.

Meskipun ada banyak tutorial di internet, tapi pudding art yang bagus hanya bisa dibuat lewat pengajar profesional dari kursus yang harganya tidak murah.

  1. Gagal Berkali-kali

Sebelum akhirnya bisa membuka usaha dan meraup banyak cuan, membuat pudding art akan mengalami gagal yang tidak hanya sekali dan ketelatenan tingkat tinggi benar-benar dibutuhkan.

  1. Modal Besar

Modal besar yang dimaksud di sini tidak hanya modal peralatan tapi juga biaya kursus tadi. Selain itu, bisnis ini juga membutuhkan sewa / membeli tempat bisnis yang mumpuni karena target pasarnya adalah kalangan menengah ke atas, jadi tidak mungkin menggunakan tempat yang ala kadarnya.

Tak hanya itu, pemilik juga perlu mempekerjakan karyawan dan bahkan mungkin memberikan pelatihan untuk mengajari karyawan cara membuat pudding art.

  1. Mempekerjakan Seorang Ahli

Pemilik usaha yang mungkin tidak telaten untuk membuat pudding art sendiri biasanya akan menyewa seorang ahli yang tentunya gajinya tidak sedikit.

Usaha pudding art memang sangat menjanjikan namun kerja keras dan modal yang banyak juga harus dimiliki. Sebelum memulai usaha ini, pastikan untuk tidak mudah menyerah di tengah jalan dan malah berakhir merugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.