Prospek Usaha Toko Aki beserta Tips Memulai Bisnisnya

Prospek Usaha Toko Aki beserta Tips Memulai Bisnisnya

Peluang Usaha Toko Aki

Jika diperhatikan, jumlah usaha toko aki di Indonesia semakin bertambah dari waktu ke waktu dan tidak hanya di perkotaan tapi juga pinggir kota dan bahkan pedesaan. Artinya, jumlah permintaan untuk produk ini termasuk tinggi.

Berbagai Kelebihan Bisnis Toko Aki

Jika sedang mencari ide usaha di sektor otomotif, toko aki adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dipertimbangkan. Sejumlah alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Tempat Usaha Minim

Teras rumah yang dekat dengan jalan raya sudah bisa dijadikan sebagai tempat untuk membuka usaha toko aki skala kecil. Jika kebetulan lokasi rumah ada di dalam gang atau mungkin kurang strategis, maka bisa menyewa kios kecil sebagai toko.

Dibanding dengan sejumlah toko lain seperti toko baju, sembako, sepatu, dan lainnya, toko aki termasuk lebih fleksibel karena tempat kecil pun tidak menjadi masalah. Saat membuka toko baju misal, maka pemilik toko harus memperhatikan desain toko untuk menarik pembeli.

Begitu juga dengan bisnis kafe, tempat nyaman, luas, dan bersih juga akan berpengaruh besar pada pelanggan potensial. Namun untuk toko, semua hal di atas tidak diperlukan. Dengan kata lain, usaha ini termasuk sangat praktis dalam hal tempat.

  1. Bisnis Jangka Panjang

Accumulator alias aki adalah salah satu komponen paling penting untuk setiap kendaraan bermotor, yang memiliki target pasar luas, permintaan pasar tidak pernah sepi sepanjang tahun, dan yang paling penting bisnis ini tidak musiman. Target pasar pun berbagai kalangan mulai dari kelas bawah hingga atas.

Toko aki berbagai skala diperkirakan akan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia.

Jika dimulai dengan rencana bisnis yang matang dan dijalankan dengan benar, toko aki kecil bahkan bisa berkembang menjadi besar, memiliki beberapa cabang, dan berpeluang menghasilkan omset puluhan juta rupiah per bulan.

  1. Tidak Membutuhkan Banyak Skill

Jika dibanding dengan sejumlah bisnis di bidang lain seperti toko kue atau kafe dan restoran, dan dibanding bisnis di sektor yang sama misalnya bengkel mobil atau motor, usaha toko aki termasuk lebih sederhana.

Mengapa? Karena memiliki toko aki tidak mengharuskan pemiliknya untuk memiliki banyak skill, melainkan fokus pada satu bidang, yaitu aki.

Sedangkan bisnis tempat makan misal, harus memiliki skill memasak, mendesain ruang agar nyaman, menguasai food plating, pandai menjaga kebersihan, dan banyak lagi.

Namun untuk toko aki, skill yang dibutuhkan tidak serumit bisnis lain dan termasuk lebih mudah dipelajari bahkan untuk orang-orang di luar bidang otomotif sekalipun. Secara umum, toko aki hanya melayani:

  • Jual beli aki baru atau bekas.
  • Tukar tambah aki lama dengan yang baru.
  • Cas aki.
  • Pasang aki.
  • Jumper aki mobil.

Pemilik toko aki hanya perlu memiliki pengetahuan yang cukup seputar aki misalnya tentang jenis-jenis aki, ciri-ciri aki ori dan palsu, memahami perbedaan aki kering dan basah, tahu cara memasang/melepas aki yang benar, serta bisa merekomendasikan merk aki yang sesuai dengan merk dan jenis kendaraan.

  1. Perhitungan Margin Jelas

Tidak seperti bisnis kuliner atau bengkel kendaraan, perhitungan biaya operasional, modal, dan bahkan margin alias laba untuk toko aki sangat mudah.

Hal ini karena bisnis berfokus pada satu produk yang dalam hal ini adalah aki, sehingga keuangan lebih mudah dikelola. Dengan kata lain, pemilik bisnis ini tidak dituntut untuk memiliki manajemen keuangan yang mendalam.

Tips Memulai Bisnis Toko Aki untuk Pemula

  1. Buat Rencana

Buat rencana bisnis yang solid dan komprehensif sebelum mulai berbelanja apapun. Tanpa rencana bisnis yang tepat, bahkan untuk toko paling sederhana sekalipun, pasti akan sulit untuk mencapai tujuan bisnis dan menghasilkan keuntungan yang sesuai harapan.

Pemilik toko harus memiliki gambaran yang lebih jelas tentang jumlah modal yang dibutuhkan, lokasi tempat, jumlah stok aki yang akan dibeli, harga produk dan jasa cas, serta biaya operasional bisnis.

  1. Promosikan Bisnis Sebelum Dibuka

Promo bisnis secara online sangat penting di era serba digital seperti sekarang, terutama untuk bisnis yang baru dibuka. Pastikan toko aki yang akan segera dibuka sudah dikenal oleh target pasar, sehingga lebih mudah untuk mendapat pelanggan potensial.

Promosi offline tentunya juga harus dilakukan, misal dengan menyebar brosur, pasang banner / spanduk di depan toko, WOM (promosi mulut ke mulut), dll.

  1. Tetapkan Strategi Bisnis yang Efektif

Karena permintaan aki cukup tinggi di pasaran, pemilik bisnis tidak terlalu membutuhkan strategi bisnis yang rumit. Pastikan saja untuk tetap terhubung dengan pelanggan potensial (secara online atau offline), lengkapi stok aki, dan selalu update di bidang ini.

  1. Sediakan Layanan Online

Tak hanya aktif promo di media sosial atau platform online lain, layanan yang baik secara online juga sangat dibutuhkan. Layanan ini bisa berupa respon yang baik kepada pelanggan potensial, melakukan interaksi yang bagus lewat story atau kolom komentar, dan lengkapi dengan layanan pembelian online.

Dengan memiliki toko online di media sosial dan marketplace, toko aki baru bisa menjangkau lebih banyak target pasar dari luar kota. Apalagi jika toko dilengkapi promo gratis ongkir, pelanggan potensial akan lebih banyak berdatangan.

Jangan remehkan usaha toko aki yang terlihat kecil dan sederhana, karena bisa jadi omsetnya sudah jutaan rupiah per bulan. Jika tertarik juga untuk mencoba, gunakan daftar tips di atas untuk memulainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.