8 Kunci Merintis Usaha Lumpia Basah Cepat Sukses

8 Kunci Merintis Usaha Lumpia Basah Cepat Sukses

Kunci Sukses Usaha Lumpia Basah

Salah satu camilan khas Jawa Barat yang kini juga populer di berbagai daerah lain di Indonesia khususnya Tanah Jawa adalah lumpia basah. Tingginya peminat camilan ini membuat usaha lumpia basah kian mudah ditemukan dan di saat yang sama juga merupakan peluang untuk membuka usaha sendiri.

Kiat-Kiat Memulai Bisnis Lumpia Basah

Tingginya minat bisnis lumpia membuat persaingan semakin ketat. Sayangnya, banyak pengusaha pemula yang cepat gulung tikar karena hanya fokus pada modal awal dan lokasi strategis untuk tempat usaha.

Padahal, masih ada berbagai aspek penting lain yang perlu diperhatikan. Berikut adalah delapan poin penting yang harus diketahui oleh setiap calon pengusaha lumpia basah di Indonesia agar usahanya laris manis dan bisa berumur panjang:

  1. Tentukan Target Pasar

Setelah memilih jenis kuliner yang dalam hal ini adalah lumpia basah, langkah berikutnya adalah memilih target pasar, apakah kelas menengah ke atas atau ke bawah, murid sekolah dan mahasiswa, pegawai kantoran dan anak muda lainnya, para kaum milenial, orang dewasa, atau lainnya?

Dengan menentukan siapa target pasarnya, maka pemilik usaha juga akan tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya dalam sejumlah hal seperti berikut:

  • Menentukan lokasi terbaik untuk membuka usaha.
  • Jenis layanan seperti apa yang akan diberikan kepada pengunjung.
  • Metode penjualan yang bagaimana yang akan dipilih.
  • Kemasan atau food plating seperti apa yang akan disajikan.
  • Harga jual dan detail lainnya.
  1. Amati Pesaing

Banyak pengusaha pemula yang tidak menyadari bahwa meneliti pesaing sebelum memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, terutama di bidang kuliner yang tingkat persaingannya sangat tinggi. Cara mudah untuk mengamati pesaing dari bisnis lumpia basah adalah:

  • Cari usaha lumpia paling ramai / laris di sekitar lokasi usaha kita.
  • Pesan lumpia dari tempat tersebut dan lakukan tes rasa. Perhatikan juga tampilan, cara penyajian, porsi, harga, kemasan, layanan yang diberikan dan semua hal lain yang dirasa penting.
  • Temukan keunikan dari usaha tersebut yang bisa membuatnya ramai pelanggan.
  • Tuliskan semua hal penting yang diperlukan untuk selanjutnya diterapkan dan / atau ditingkatkan di usaha lumpia kita.
  1. Manfaatkan Media Sosial

Promosikan usaha lumpia dengan memasang spanduk di pinggir jalan, bagikan brosur, atau yang paling sederhana adalah lewat media sosial. Gunakan video dan foto yang menarik serta berkualitas untuk diposting di media sosial.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para pemilik usaha kuliner ternama dan terbukti ampuh mendatangkan banyak pengunjung, apalagi jika saat launching sudah ada promo.

  1. Jalin Kerjasama dengan Berbagai Pihak

Dalam menjalankan usaha lumpia basah, jangan hanya mengandalkan satu teknik pemasaran terutama untuk usaha yang baru dibuka. Selain aktif di media sosial, menjalin kerjasama dengan beberapa pihak yang relevan juga dibutuhkan untuk mendongkrak angka penjualan.

Misalnya, lumpia basah bisa dititipkan ke warung-warung makan, kantin sekolah atau kantor, toko oleh-oleh, dan bisa juga mengisi stand di bazar atau event lain. Jika perlu, jalin kerja sama dengan pihak penyelenggara acara sehingga nantinya lumpia basah bisa dimasukkan ke dalam menu acara.

  1. Atur Bahan Baku dan Keuangan

Salah satu kesalahan fatal para pemilik usaha lumpia adalah menimbun bahan baku dalam jumlah banyak. Padahal, bahan-bahan segar dan mentah akan cepat busuk.

Para pemula di bisnis kuliner juga seringkali tidak memiliki manajemen keuangan yang baik, misalnya dana operasional bulan depan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, laba yang didapat bukan digunakan untuk balik modal namun untuk kebutuhan pribadi lainnya, dsb.

Salah satu kunci sukses dari bisnis apapun termasuk lumpia basah adalah jangan pernah mencampur uang bisnis dengan uang pribadi, dan jangan lupa untuk membuat daftar sebelum berbelanja.

  1. Utamakan Kualitas

Mengamati pesaing dan menerapkan berbagai hal unik dari pesaing tidak cukup jika kualitas produk tidak dijaga dengan baik.

Promo perdana yang menarik juga hanya akan berhasil mendatangkan banyak pelanggan potensial di awal namun untuk mengubah mereka menjadi pelanggan tetap tergantung pada mutu dan kualitas.

Jadi, pastikan untuk mempelajari dan memahami cara memasak lumpia yang lezat, bisa memilih bahan baku yang berkualitas, dan memiliki supplier bahan baku yang bisa diandalkan serta terpercaya.

  1. Kelola Sumber Daya Manusia

Selain rasa, kepuasan pelanggan juga sangat tergantung pada layanan yang diberikan. Jadi berapapun skala usaha yang dijalankan, dikelola sendiri atau dengan karyawan, dan dengan konsep gerobak pinggir jalan, booth container dalam mall, ruko, atau hanya di depan rumah, layanan pelanggan harus dijaga.

  1. Tentukan Merk

Mulailah mencari inspirasi logo dan brand yang unik di internet, lalu kreasikan sesuai dengan menu yang dijual. Nama merk akan menjadi hal pertama yang dibaca / didengar oleh target pasar, jadi jangan asal membuatnya. Begitu juga dengan logo yang akan menjadi identitas usaha.

Satu catatan penting terakhir sebelum benar-benar memulai usaha lumpia basah adalah praktek bisnis tidak semudah teori dan berbagai tips yang ada di internet, jadi ketekunan, keuletan, sikap pantang menyerah, berjiwa pemimpin, kreatif dan inovatif, serta siap dengan segala resiko bisnis sangat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.