Tips Memulai Usaha Empek Empek Agar Cepat Laris!

Tips Memulai Usaha Empek Empek Agar Cepat Laris!

Tips Memulai Usaha Empek Empek Agar Cepat Laris!

Empek-empek adalah salah satu makanan tradisional asal Palembang yang juga populer di berbagai daerah lain. Kepopuleran ini menjadikan usaha empek-empek hampir tidak pernah sepi pembeli mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Penjual empek-empek sendiri bisa dengan mudah ditemukan di luar Palembang, mulai dari pedagang keliling, gerobak pinggir jalan, hingga ruko dan bahkan di sejumlah restoran. Selain bisa dibeli secara langsung, empek-empek juga banyak yang sudah bisa diorder secara online.

Tips Bisnis Usaha Empek Empek untuk Pemula

Karena jumlah pesaing yang cukup banyak dan bahkan ada di hampir setiap sudut kota, maka calon pengusaha empek-empek harus memiliki trik yang bisa membuat usahanya bisa bersaing di pasaran dan bisa menarik banyak pembeli. Beberapa tips dasar yang bisa dipraktekkan adalah:

  1. Utamakan Rasa!

Langkah pertama dan paling penting sebelum memulai bisnis kuliner apapun adalah harus bisa memasak! Jadi sebelum memikirkan teknik promosi dan berbagai detail lain, pastikan untuk belajar dulu cara membuat empek-empek yang lezat.

Cita rasa harus menjadi poin utama karena jika target pasar sudah puas dengan rasa maka berapapun harganya akan tetap dibeli.

Agar bisa tahu apakah rasanya sudah memuaskan pelanggan atau belum, pemilik usaha bisa melakukan tes rasa dengan membagikan sampel produk ke target pasar. Lakukan hal ini beberapa sampai cita rasa yang benar-benar lezat dan memuaskan bisa didapat.

  1. Jangan Hanya Menjual Satu Varian

Agar pelanggan tidak mudah bosan dan berpindah langganan, hadirkan empek-empek dalam banyak varian seperti berikut:

  • Empek empek lenjer: lenjer / lenjeran adalah bahasa lokal Palembang untuk menyebut empek empek berbentuk silinder yang berdiameter sekitar 4 cm dan panjang 15 cm.
  • Empek empek kapal selam: empek empek jenis ini paling populer dan tinggi peminat. Disebut kapal selam karena empek empek akan tenggelam saat mentah dan akan naik / mengapung saat sudah matang. Bentuknya sendiri bundar menggembung karena bagian dalamnya diisi telur ayam.
  • Empek empek keriting: bentuknya bundar dan keriting seperti mie yang dibentuk menjadi bola-bola kecil. Varian ini juga salah satu yang favorit tapi termasuk susah dibuat dan prosesnya cukup lama.
  • Empek empek pistel: pistel adalah bahasa lokal Palembang yang berarti “papaya”. Isi empek empek ini adalah tumis daun pepaya campur ebi. Pistel bisa digoreng atau rebus. Disarankan untuk tidak stok banyak pistel karena pistel lebih cepat basi dari empek empek jenis lain.
  • Empek empek adaan: empek empek ini dimasak dengan cara digoreng, bentuknya bulat seperti bakso tapi lebih besar, dan sebelum digoreng dibelah menjadi empat bagian.
  • Empek empek tahu: adonan empek empek jenis ini justru dijadikan sebagai isian dan bagian luarnya adalah tahu, lalu dimasak dengan cara digoreng.
  • Empek empek tunu: jenis ini dimasak dengan dipanggang dan bentuknya bundar tapi agak gepeng dengan isian berupa campuran ebi, cabai rawit tumbuk, dan kecap manis.
  • Empek empek lenggang: adonan empek empek yang sudah dicampur telur bebek akan dimasukkan ke wadah berbahan daun pisang yang sudah dibentuk kotak dan selanjutnya dimasak dengan dibakar.
  1. Food Plating Harus Menarik

Ada banyak inspirasi plating di internet yang langkah-langkahnya bisa dipelajari dari video YouTube. Jika plating dari empek empek yang dijual unik, kekinian, dan modern, maka selera makan pembeli juga akan nai.

Bahkan, food plating yang menarik seringkali membuat pembeli mempsotingnya ke media sosial tanpa diminta, yang secara tidak langsung juga membantu promosi tempat usaha empek-empek kita.

  1. Buat Menu Paketan

Menu paketan adalah trik jitu lain yang bisa menarik banyak pelanggan potensial dengan mudah, dan hal ini sudah dipraktekkan oleh banyak bisnis kuliner aneka jenis.

Menu paketan empek empek bisa berisi semua jenis varian empek empek yang ditawarkan, atau mungkin 1-2 posti empek empek dengan 1-2 minuman plus camilan ringan tambahan lain. Menu paketan juga bisa berupa 10 atau lebih porsi empek empek dalam satu jenis yang sama.

  1. Aktif di Media Sosial

Kekuatan media sosial dalam beberapa tahun terakhir benar-benar tidak bisa diremehkan. Banyak hal bisa viral dalam hitungan menit hanya dengan memposting foto atau tulisan di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok.

Manfaatkan media sosial sebagai media promosi gratis untuk usaha empek-empek dan pastikan untuk kreatif dalam membuat konten agar follower dan pelanggan potensial tidak cepat bosan.

  1. Bagikan Voucher / Promo

Agar Usaha empek-empek cepat dikenal saat awal dibuka, tarik perhatian target pasar dengan membagikan voucher gratis, berikan promo / diskon, atau adakan kuis sederhana dan pemenangnya bisa mendapat hadiah seporsi empek empek gratis.

  1. Kerjasama dengan Ojek Online

Makanan yang bisa di order lewat aplikasi ojek online terbukti mendapat angka penjualan yang lebih tinggi dibanding makanan yang hanya bisa dibeli secara langsung dengan datang ke tempatnya. Gunakan teknik pemasaran ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Usaha empek-empek bisa dimulai dengan banyak jenis, bisa berupa tempat makan sederhana di ruko atau depan rumah, titipkan empek empek ke warung-warung, jual secara online saja, atau ikut waralaba empek empek agar bisa langsung mendapat semua stok bahan dan peralatan usaha tanpa ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.