Peluang dan Ide Usaha Kacang Mede dari Rumah

Peluang dan Ide Usaha Kacang Mede dari Rumah

Peluang dan Ide Usaha Kacang Mede dari Rumah

Usaha kacang mede disebut-sebut sebagai salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan asal memiliki ide bisnis yang bagus dan paham tentang teknik pemasaran yang tepat. Usaha di bidang ini tidak harus berupa perusahaan besar karena usaha berbasis rumahan juga bisa sukses besar. Benarkan demikian?

Permintaan Global untuk Kacang Mede

Kacang mede telah digunakan sebagai makanan ringan sejak lama dan sekarang menjadi pusat perhatian sebagai makanan ringan berkualitas premium. Kacang besar ini juga digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam menyiapkan berbagai hidangan gurih dan manis terutama pada masakan Asia.

Kacang ini berasal dari jambu mete, atau yang disebut juga dengan jambu monyet), dan yang secara ilmiah bernama Anacardium Occidentale L. Jambu mete sendiri berasal dari Amerika Tengah dan pertama kali diperkenalkan oleh penjelajah Portugis ke Nigeria pada abad ke-16.

Saat ini, jambu mete merupakan tanaman komersial yang signifikan dan kacangnya sangat dihargai di pasar global. Kacang mede kaya akan protein (21,2%), karbohidrat (22%), lemak (47%), dan mineral seperti zat besi, kalsium, serta fosfor.

Pasar kacang mede global diproyeksikan mencatat tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 4,6% selama periode 2021-2026, yang semakin membuktikan bahwa bisnis kacang mede adalah pilihan yang bagus.

Namun tidak hanya di skala internasional, permintaan kacang mede di pasar lokal juga terus mengalami peningkatan dan telah menjadi sumber penghasilan utama bagi banyak usaha rumahan dan perusahaan. Secara garis besar, peluang usaha kacang mede masih terbuka sangat lebar.

Ide Bisnis Berbahan Dasar Kacang Mede

Ide Usaha kacang mede sebenarnya cukup menjanjikan. Cita rasanya yang gurih dan lezat membuat kacang mede cocok untuk ditambahkan ke berbagai olahan mulai dari kue dan coklat hingga puding dan bahkan minuman. Ada banyak ide bisnis bagi individu yang tertarik dalam industri kacang mede. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Bisnis Kacang Mede Pedas / Pedas Manis

Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko online dan e-commerce Indonesia, dengan harga jual yang bervariatif mulai dari Rp 33.900 – Rp 155.000. Selain enak untuk dijadikan camilan saat bersantai di rumah, kacang mede pedas juga seringkali dijadikan pengisi toples saat lebaran.

Jika dilihat dari jumlah penjualan di sejumlah toko di e-commerce, peminat dari produk ini termasuk cukup banyak terutama untuk ukuran kecil yang dijual dengan harga lebih murah.

  1. Bisnis Kacang Mede Goreng

Ide bisnis yang satu ini sangat cocok untuk pemula karena proses pengolahannya sedikit lebih mudah dan hemat waktu jika dibanding ide pertama tadi.

Jumlah peminat kacang mede goreng juga masih cukup tinggi meskipun tidak setinggi kacang mede pedas. Namun saat lebaran, jumlah pembeli juga bisa meningkat drastis terutama jika melakukan penjualan secara online di marketplace.

  1. Bisnis Kacang Mede Coklat

Coklat dengan campuran kacang mede sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu camilan manis paling laris di dunia. Usaha berbasis rumahan juga bisa membuat sendiri kacang mede coklat dengan versi lebih sederhana.

Bahan utamanya hanya kacang mede panggang dan coklat batangan yang nantinya dilelehkan lalu dicampur dengan kacang mede yang sudah ditumbuk kasar. Produk ini laku keras saat menjelang Idul Fitri baik di toko online atau pun offline.

  1. Kacang Mede Kue Salju

Kue salju yang populer sebagai jajan lebaran juga bisa dikombinasikan dengan kacang mede yang sudah dihaluskan. Resep dari camilan ini bisa ditemukan dengan mudah di internet dan metode pemasaran yang sejauh ini paling banyak menarik pembeli adalah via online di media sosial.

  1. Salad sayur kacang Mede

Pecinta gaya hidup sehat bisa mencoba usaha salad sayur kacang mede dan memasarkannya via online karena jumlah penjualan online lebih tinggi dari yang dipasarkan secara offline.

Tapi dibanding beberapa ide sebelumnya, produk ini tidak bisa dijadikan stok karena pembeli harus mengkonsumsinya saat masih dalam keadaan segar.

  1. Brownies Kacang Mede

Jika sudah memiliki skill yang mumpuni untuk membuat brownies, maka bisnis brownies dengan topping kacang mede bisa dicoba karena produk ini sedang sangat hype dalam beberapa tahun terakhir, dan bahkan diperkirakan tidak akan pernah sepi pembeli hingga bertahun-tahun ke depan.

Brownies sendiri menjadi salah satu menu yang cocok disajikan kapan saja dan untuk berbagai acara, sedangkan kacang mede adalah jenis kacang favorit hampir setiap orang. Artinya, kedua kombinasi ini sangat menggugah selera.

Harga Kacang Mede di Pasaran

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kacang mede bisa bervariasi tergantung produk apa yang akan dibuat, apakah brownies, kacang mede pedas manis, atau lainnya. Namun sebagai gambaran, harga kacang mede di pasar dalam negeri adalah sebagai berikut:

  • Kacang mede utuh (gelondongan) = Rp 20.000/kg
  • Kacang mede bersih (biji sudah terpisah dari cangkang) = Rp 95.000/kg
  • Kacang mede bersih yang sudah dipanggang = 137.000/kg
  • Kacang mede bersih yang sudah digoreng = Rp 120.000/kg

Usaha kacang mede memiliki peluang besar untuk sukses di pasar lokal jika pemiliknya memang memiliki pengetahuan yang mumpuni di dunia bisnis. Ide bisnis berbahan kacang mede sangat banyak dan target pasarnya sangat luas tak terbatas usia serta lokasi. Harga jual dari produk ini juga termasuk tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.