Peluang Bisnis Virtual Assistant Hingga Trik Sukses Mengembangkannya

Peluang Bisnis Virtual Assistant Hingga Trik Sukses Mengembangkannya

Peluang Bisnis Virtual Assistant Hingga Trik Sukses Mengembangkannya

Saat ini bisnis yang dilakukan secara online memang lebih berpotensi berkembang, mengingat kebanyakan orang memilih beraktivitas secara virtual. Hal ini berdampak pada peluang bisnis virtual assistant, yang juga semakin diperhitungkan.

Virtual assistant adalah, orang yang kerjanya memberikan layanan layaknya asisten perusahaan. Bedanya, dia hanya akan bekerja secara remote atau jarak jauh menggunakan teknologi.

Bagaimana Peluang Bisnis Virtual Assistant?

Jika dilihat dari kebutuhan pasar saat ini, asisten virtual memiliki tempat strategis yang banyak dilirik perusahaan. Terutama yang ingin berkembang dan memiliki cabang di berbagai daerah, atau usahawan yang tak mau ribet mencari asisten yang harus bertatap muka langsung.

Bagi Anda punya kemampuan yang tinggi di bidang kerja tersebut, maka kemungkinan sukses sangat besar. Apalagi, untuk memulai bisnis ini tidak dibutuhkan modal besar. Cukup perangkat HP dan komputer dengan koneksi internet terbaik.

Keuntungannya juga potensial, selama Anda dapat memberikan kinerja terbaik dan disukai klien. Semakin hebat hasil kerja, maka orang tak akan segan memberikan komisi dalam jumlah besar.

Hebatnya lagi, Anda bisa melakukan segala pekerjaan itu hanya dari rumah atau dimana saja. Alhasil, kegiatan sehari-hari tidak akan signifikan terganggu.

Skill Penting Seorang Virtual Assistant

Mungkin akan terlihat mudah, namun untuk membuka bisnis asisten virtual ini dibutuhkan kemampuan yang tidak bisa diabaikan. Apalagi, kalau ingin menjadikannya sebuah bisnis untuk jangka panjang. Beberapa diantaranya adalah:

1. Pintar Bicara

Maksudnya adalah, bisa berkomunikasi dengan lancar secara langsung maupun tertulis menggunakan bahasa yang formal dan mudah dipahami. Alasannya, komunikasi di dunia bisnis dan dunia kerja itu berbeda dengan komunikasi sehari-hari.

Ketika Anda punya kemampuan ini, cobalah asah terus menerus untuk memastikan diri siap terjun ke dunia virtual assistant.

2. Microsoft Office

Jangan pikir, bekerja virtual tidak butuh kemampuan teknis. Justru kemampuan tersebut harus benar-benar maksimal dimiliki.

Baik itu skill dasar Microsoft Office, yang terdiri dari Word,Excel, Power Point, sampai cara mengelola Google Drive untuk menyimpan berbagai dokumen klien.

3. Kemampuan Mengambil Keputusan

Walaupun posisinya hanya sebagai asisten, namun kemampuan sebagai decision maker juga harus dimiliki. Siapa tahu, klien tidak bisa dihubungi ketika kondisi urgent sehingga asisten bisa menjadi perpanjangan tangan untuk memberikan keputusan yang tepat.

Kemampuan ini sangat berhubungan dengan pengalaman kerja, sejauh mana seseorang sudah pernah berada di posisi harus mengambil berbagai keputusan di saat-saat genting.

4. Mengatur Waktu

Pengaturan waktu, juga sangat penting sebab asisten virtual akan berhubungan juga dengan pekerjaan menyusun jadwal kegiatan klien. Sehingga waktu yang tersedia, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan berbagai kegiatan penting.

Kemampuan time management ini sangat berhubungan juga dengan kebiasaan diri sendiri dalam mengatur waktu sehari-hari.

Trik Buka Usaha Virtual Assistant

Apakah Anda merasa memiliki semua skill di atas? Jangan ragu untuk memanfaatkan peluang bisnis ini. Saat ini, memang sangat banyak yang membutuhkan tenaga tersebut. Lakukan trik berikut, lalu raihlah untung besar hanya melalui kerja virtual.

1. Kenali Tugas dan Fungsi Virtual Assistant

Trik pertama yang wajib dilakukan adalah, mengenal tugas dan fungsi dari posisi kerja asisten virtual. Biasanya akan berhubungan dengan lima hal utama, mulai dari menjadi asisten pribadi untuk klien tugasnya mengatur jadwal dan menjawab telepon.

Kemudian memasukkan data-data penting ke dalam dokumen virtual perusahaan, termasuk melakukan pengecekan data agar tidak salah. Tugas lainnya adalah, pengelolaan media sosial yang dipakai klien untuk mengembangkan bisnis.

Juga mengelola email dari klien, membaca dan membalas email penting. Terakhir adalah, sebagai pelayan bagi pelanggan bisnis klien secara virtual. Tentunya dengan skill komunikasi yang mumpuni.

2. Promosi dengan Cara yang Tepat

Lakukan promosi bisnis ini melalui berbagai cara, seperti promosi melalui media sosial yang dimiliki.

Kemudian menghubungi kontak telepon yang berpotensi menjadi klien, untuk langkah awal membuka peluang mendapatkan klien dan memuaskan mereka dengan kinerja Anda.

3. Manfaatkan Potensi Diri Sendiri

Maksimalkan potensi yang ada pada diri sendiri, tentunya yang berhubungan langsung dengan posisi virtual assistant. Dengan begitu, pekerjaan yang diberikan klien akan lebih mudah selesai sesuai target.

4. Pilih Klien Berkualitas

Kenapa memilih klien? Untuk yang baru merintis bisnis ini, memilih klien merupakan hal penting. Sebagai salah satu upaya, membuktikan kemampuan kerja dan membuka peluang klien-klien lain yang juga berkualitas di kemudian hari.

Ketika klien pertama puas dengan kinerja yang diberikan, otomatis dia tak segan untuk merekomendasikan Anda kepada kolega dan orang lain bukan?

5. Buat Situs Sendiri

Ketika bisnis sudah mulai berkembang, klien sudah mulai banyak maka trik berikutnya adalah membuat website sendiri. Gunanya, untuk meningkatkan performa dan memperluas jaringan kerja.

Profesionalitas Anda juga akan lebih dipertimbangkan, ketika berani membuat situs dengan biaya sendiri. Bargaining harga juga akan lebih tinggi, ketika Anda sudah merilis situs khusus bisnis tersebut dengan paket jasa asisten yang lebih lengkap lagi.

Bagi Anda yang punya kemampuan untuk jadi asisten virtual, jangan tunda untuk memanfaatkan peluang bisnis virtual assistant. Kesuksesan sudah di depan mata, bagi yang berhasil menjalankan profesi tersebut dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *