Cara Membuat Proposal Usaha Sparepart Motor dan Contohnya

Cara Membuat Proposal Usaha Sparepart Motor dan Contohnya

Bisnis sparepart sepeda motor adalah usaha yang banyak bermunculan di abad ke-21. Produsen utama sepeda motor, Jepang, telah menurunkan harga sepeda model baru, sehingga lebih terjangkau. Anda bisa memanfaatkan peluang dengan mencoba membuat proposal usaha sparepart motor.

Dengan proposal yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan pendanaan untuk bisnis sparepart motor yang Anda jalankan. Banyaknya anak muda yang mengandalkan sepeda motor sebagai kendaraannya juga turut andil dalam pertumbuhan penjualan spare part. Kira-kira, bagaimana cara membuat proposal?

Cara Membuat Proposal Usaha

  1. Buat  Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah hal yang sangat penting ketika membuat sebuah proposa. Rencana harus mencakup ketentuan untuk pendanaan, staf, pembelian, lokasi, dan jenis izin perdagangan bisnis Anda, rencana bisnis mencakup semua parameter untuk memulai bisnis.

  1. Lisensi dan Izin Usaha

Daftarkan perusahaan dan dapatkan izin usaha. Bisnis sparepart motor memerlukan izin khusus untuk menangani bahan berbahaya seperti oli mesin atau solar.

Buat pertanyaan tentang rincian ini kepada orang-orang yang mungkin memiliki bisnis yang sama. Ketika bisnis yang Anda miliki sudah memiliki lisensi, maka mudah bagi investor untuk membiayai bisnis Anda.

  1. Tulis Rencana Keuangan

Seorang pebisnis membutuhkan keuangan yang cukup untuk menjalankan usahanya. Anda perlu menuliskan detail keuangan yang Anda butuhkan agar memudahkan investor untuk mendanai bisnis yang hendak Anda jalankan.

Contoh Proposal Usaha Sparepart Motor

A. Overview Bisnis Sparepart Motor

Toko sparepart motor adalah bisnis yang menjual suku cadang dan aksesoris sepeda motor baik baru dan bekas, perbaikan mobil dan pemasangan aksesoris otomotif.

Banyak toko sparepart motor dapat ditemukan di seluruh belahan dunia selama ada kendaraan sepeda motor di sana. Tren penggunaan kendaraan bermotor telah menyebabkan pertumbuhan akan permintaan produk-produk suku cadang industri dalam jangka pendek.

Kemajuan teknologi kendaraan bermotor semakin mempersulit pemilik kendaraan untuk memperbaiki dan merawat kendaraan tanpa bantuan profesional. Oleh sebab itu bisnis di bidang ini bisa tumbuh dengan sangat besar.

Freeway Spare Parts adalah toko ritel suku cadang sepeda motor yang berlokasi di salah satu jalan terpadat di Jakarta Pusat. Kami telah menyewa sebuah ruko kecil dengan luas 3×4 meter di sekitar kawasan perumahan terbesar di Jakarta.

Freeway Spare Parts akan menjual berbagai suku cadang dan aksesori otomotif, mendistribusikan suku cadang otomotif dari berbagai produsen (merek) dari Indonesia dan luar negeri, serta memperbaiki mobil. Kami siap melayani berbagai klien di Jakarta dan sekitarnya.

B. Visi dan Bisnis Perusahaan Sparepart Motor

Visi kami adalah menjadi salah satu toko terkemuka di Jakarta Pusat dan mendirikan toko-toko suku cadang motor di Jabodetabek.

Misi kami adalah :

  1. Membangun bisnis toko ritel suku cadang motor kelas dunia yang akan menyediakan berbagai suku cadang dari berbagai merek terkemuka.
  2. Menjual berbagai sparepart dengan harga terjangkau.

Untuk mewujudkan visi dan misi dari Freeway Spare Parts, maka kami telah merekrut para tenaga kerja hebat dan kompeten untuk menempati posisi berikut;

  1.     Direktur Utama (Pemilik)
  2.     Manajer toko
  3.     Staff gudang
  4.     Manajer Penjualan dan Pemasaran
  5.     Akuntan / Kasir

C. Produk dan Layanan Sparepart Motor

Freeway Spare Parts melayani berbagai klien untuk menghasilkan keuntungan, itulah sebabnya kami akan memastikan bahwa bisnis berusaha keras menyediakan berbagai suku cadang sepeda motor dari merek manufaktur terkemuka di Indonesia, Jepang, dan negara-negara lain di dunia.

Kami akan menjual suku cadang dan aksesoris otomotif seperti :

  • Jok sepeda motor
  • Tabung Ban
  • Pelek ban
  • Pegas peredam kejut
  • Pipa knalpot
  • Bantalan rem
  • Kopling
  • Lampu depan dan belakang
  • Bingkai sepeda
  • Tangki bensin
  • Blok mesin
  • Piston dan ring
  • Baut
  • Rantai
  1. Mendistribusikan suku cadang otomotif
  2. Memperbaiki sepeda motor dan memasang aksesoris otomotif

D. Analisis SWOT Proposal Usaha Sparepart Motor

Niat kami untuk memulai hanya satu gerai toko ritel spare part motor di Jakarta Pusat adalah ingin menguji coba bisnis selama 2 hingga 3 tahun.

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kami berhasil dalam menginvestasikan lebih banyak uang, memperluas bisnis, dan kemudian membuka gerai lain di sekitar Jabodetabek.

Kami cukup menyadari bahwa ada beberapa toko suku cadang motor di seluruh Jakarta Charleston dan bahkan di lokasi. Berikut adalah hasil dari analisis kami

– Kekuatan

Lokasi kami berada di tempat yang selalu dilalui oleh berbagai kendaraan sehingga sangat strategis. Selain itu, Kami juga memiliki berbagai pilihan pembayaran, memiliki berbagai suku cadang motor dari merek manufaktur Indonesia, Jepang maupun luar negeri.

– Kelemahan

Kelemahan utama yang mungkin merugikan kami adalah kenyataan bahwa kami adalah gerai toko ritel suku cadang motor baru di Jakarta Pusat dan kami tidak memiliki kapasitas keuangan untuk bersaing dengan gerai yang lebih besar.

– Peluang

Fakta bahwa kami akan mengoperasikan toko ritel suku cadang mobil kami di jalan yang dekat dengan salah satu kawasan perumahan terbesar di Jakarta Pusat memberi kami peluang tak terbatas.

Kami bisa menjual suku cadang mobil ke sejumlah orang, bengkel perbaikan mobil, dan perusahaan transportasi.

– Ancaman

Sama seperti bisnis lainnya, salah satu ancaman utama yang mungkin kita hadapi adalah penurunan ekonomi. Kenyataan bahwa penurunan ekonomi mempengaruhi daya beli atau belanja.

Ancaman lain yang mungkin akan kami hadapi adalah kedatangan toko suku cadang motor baru di lokasi yang sama dengan bisnis kami. Demikian juga, kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan bisa menjadi ancaman bagi bisnis kami.

E. Strategi Pemasaran Usaha Sparepart Motor

Sebelum memilih lokasi untuk Freeway Sparepart, kami telah melakukan survei pasar agar kami dapat menembus pasar. Kami akan mengadopsi pendekatan penjualan dan pemasaran berikut untuk bisa menarik banyak pelanggan;

  1. Memperkenalkan  toko kami dengan mengirimkan brosur ke organisasi, rumah, bengkel perbaikan motor perusahaan transportasi, dan pemegang saham utama lainnya di Jakarta Pusat.
  2. Memastikan bahwa kami memiliki berbagai macam suku cadang dan aksesori motor dari berbagai merek setiap saat.
  3. Memasang spanduk di tempat-tempat strategis  sekitar Jakarta Pusat.
  4. Memberikan diskon kepada pelanggan tetap kami.
  5. Memanfaatkan internet untuk mempromosikan bisnis kami
  6. Mendorong penggunaan Word of mouth marketing (rujukan)

F. Rancangan Anggaran dalam Proposal Usaha Sparepart Motor

  1. Sewa bangunan 1 tahun                                               Rp 20 juta/tahun
  2. Biaya operasional untuk 3 bulan pertama               Rp 10 juta

(gaji karyawan, pembayaran tagihan dkk)

  1. Perabotan                                                                        Rp 5 juta
  2. Sparepart motor                                                             Rp 55 juta
  3. Komputer 1 buah                                                            Rp 5 juta
  4. Biaya pembelian dan pemasangan CCTV                 Rp 3 juta
  5. Biaya lain-lain                                                                  Rp 2 juta

Total

                                                                                                Rp 100 juta

Kami membutuhkan perkiraan Rp 100 juta untuk berhasil mendirikan toko sparepart motor kami di Jakarta Pusat. Rancangan anggaran di atas sudah termasuk dengan gaji semua staf untuk bulan pertama operasi.

Bagaimana, tidak begitu sulit buka membuat sebuah proposal usaha sparepart motor? Anda bisa memperhatikan dengan baik contoh yang telah disediakan di atas dan memodifikasinya sesuai kebutuhan bisnis sparepart motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *