Pengertian, Jenis dan Fungsi Laporan Keuangan Usaha

Pengertian, Jenis dan Fungsi Laporan Keuangan Usaha

Pengertian, Jenis dan Fungsi Laporan Keuangan Usaha

Bisnis adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap remeh dan sembarangan dalam menjalankannya. Perlu adanya pengetahuan yang cukup agar aktivitas di dalamnya berjalan dengan lancar, salah satunya adalah  membuat laporan keuangan usaha. Berikut ini penjelasan tentang pengertian, jenis dan fungsinya, simak sampai akhir ya!

Pengertian Laporan Keuangan Usaha

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya jika memahami terlebih dahulu apa sih itu laporan keuangan? Pada umumnya yaitu laporan yang berisi pencatatan transaksi mata uang dalam ruang lingkup bisnis, entah itu penjualan, pembelian atau transaksi lain yang bernilai ekonomi.

Laporan keuangan dibuat dalam periode tertentu yang ditentukan oleh perusahaan apakah akan dibuat satu bulan sekali, tiga bulan sekali, enam bulan sekali atau satu tahun sekali. Tujuannya sudah pasti untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan agar bisa melakukan evaluasi secara menyeluruh demi kemajuan perusahaan.

Selain itu stakeholder atau pihak lain yang terlibat perjanjian juga bisa melakukan pencegahan  dengan tepat dan cepat melalui kondisi keuangan yang dipaparkan. Melihat betapa pentingnya tujuan dari laporan keuangan ini maka harus dibuat dengan sebenar-benarnya , tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jadi jangan heran jika sebuah perusahaan biasanya memang memiliki staf khusus untuk menangani bidang ini dan mempresentasikannya kepada seluruh jajaran perusahaan, termasuk stakeholder. Namun biasanya ia hanya datang ketika evaluasi tahunan.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa laporan keuangan usaha merupakan laporan yang berisi tentang pencatatan arus keluar masuk uang dalam sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memantau perkembangan, bahan evaluasi dan pertimbangan stakeholder.

Jenis Laporan Keuangan

Setelah memahami dengan baik dan benar pengertiannya, selanjutnya adalah mengetahui jenis-jenis laporan keuangan yang umum digunakan oleh para pengusaha. Ada 5 jenis, berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Laporan Laba Rugi

Pertama adalah laporan laba rugi yang merupakan laporan keadaan keuangan dari sebuah perusahaan agar mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran secara lebih detail. Nah isinya biasanya berkaitan dengan data pendapatan dan beban yang ditanggung oleh sebuah perusahaan.

Laporan laba rugi biasanya digunakan untuk menjelaskan kondisi terkini keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, biasanya para staf finance mengerjakannya setiap akhir bulan atau akhir tahun sesuai dengan kebijakan yang ditentukan pimpinan.

Melalui laporan ini stakeholder bisa tahu seberapa jauh kondisi finansial perusahaan terupdate. Laporan tersebut kemudian bisa dijadikan evaluasi dan membentuk kebijakan selanjutnya.

Laporan laba rugi dibagi menjadi dua pertama yaitu single step yang hanya menunjukkan kategori pendapatan atau pengeluaran saja. Sifat dan bentuknya sederhana dan tidak sampai pada detail perputaran keuangan pada suatu perusahaan.

Kedua adalah laporan laba rugi multiple step yang berisikan tentang informasi umum yang memecah pendapatan operasional, biaya operasional, begitupun dengan non operasional.

  1. Laporan Arus Kas

Laporan keuangan usaha jenis kedua adalah laporan arus kas yang biasanya dikenal dengan nama cashflow. Artinya adalah catatan keuangan yang memberikan informasi terkait apa saja pengeluaran dan pemasukan dalam periode tertentu.

Laporan arus kas bisa dibilang sangat berguna, apalagi jika perusahaan ingin melakukan evaluasi struktur keuangan dan aktiva bersih perusahaan. Tak hanya itu, perusahaan pun juga bisa memanfaatkan jenis laporan ini untuk menentukan strategi adaptif dalam menghadapi perkembangan keadaan dan peluang.

Pihak yang berhak untuk membuat laporan ini adalah finance, kemudian diserahkan kepada stakeholder untuk pengambilan langkah tindak lanjut dan memastikan bahwa semua pemasukan dan pengeluaran perusahaan berjalan dengan baik.

  1. Laporan Perubahan Modal

Jenis yang ketiga adalah laporan perubahan modal yang bisa dikatakan sangat penting untuk perusahaan publik. Tujuan dibuatnya laporan perubahan modal ini untuk mendapatkan gambaran apakah ada penurunan atau peningkatan kekayaan dalam periode tertentu berdasarkan prinsip yang dianut.

Laporan perubahan modal ini biasanya dijumpai pada perusahaan besar atau publik. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki struktur kepemimpinan dan kepemilikan yang cukup kompleks.

Nah untuk tujuan dibuatnya laporan perubahan modal ini adalah agar memberikan laporan terkait perubahan modal kerja dan membuat penafsiran atau investasi dana yang dihasilkan dalam aktiva pembayaran periode tertentu.

  1. Laporan Neraca

Laporan keuangan usaha yang keempat adalah neraca yang biasa disebut dengan balance sheet. Biasanya di dalamnya terdapat informasi tentang akun aktiva serta hal apa saja yang menjadi kewajiban sebuah perusahaan dalam satu periode.

Nah dalam penerapannya, laporan neraca ini dibagi menjadi dua macam, stafel vertikal dan skontro atau horizontal. Arti sebenarnya dari laporan neraca merupakan gabungan dari segala laporan keuangan dibuat dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun sekali) dan bertujuan untuk menentukan langkah kebijakan di tahun selanjutnya.

Jadi itu dia beberapa jenis laporan keuangan perusahaan atau usaha yang wajib untuk diketahui. Namun satu hal yang perlu diingat bahwasanya tidak sembarangan orang boleh untuk memegangnya, mengingat ada pembagian job desknya masing-masing.

Fungsi dari Laporan Keuangan Usaha

Pada pembahasan di atas memang sedikit dibahas tentang tujuan dari laporan keuangan. Namun untuk fungsi lengkapnya, bisa melihat beberapa poin di bawah ini:

  1. Menilai Kondisi Usaha

Fungsi yang pertama yaitu untuk menilai kondisi usaha. Dalam artian apakah banyak kerugian, kemunduran atau bahkan keuntungan? Apabila banyak keuntungan, maka usaha yang sedang dijalankan sedang mengalami perkembangan.

Pertimbangan ini pula yang menjadikan pimpinan bisa mengambil keputusan selanjutnya, apakah siap melanjutkan usaha atau justru menutupnya.

  1. Sebagai Bahan Evaluasi

Seperti yang sudang banyak disinggung sebelumnya bahwasanya laporan keuangan usaha dijadikan untuk bahan evaluasi. Apabila dalam periode tertentu ditemukan hal yang kurang maksimal, maka perusahaan atau pimpinan akan mengambil tindakan yang dirasa tepat.

Semua laporan yang sudah dijelaskan di atas bisa dikatakan parameter evaluasi untuk menemukan permasalahan dan dicari solusinya. Apabila evaluasi berjalan dengan maksimal, maka penentuan kebijakan selanjutnya akan lebih mudah, begitupun sebaliknya, sehingga sekali lagi membuat laporan keuangan memang membutuhkan kehati-hatian.

  1. Bentuk Tanggung Jawab Sebuah Perusahaan

Fungsi selanjutnya adalah laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban sebuah perusahaan kepada investor, pemerintah atau pihak lain yang langsung terhubung dengannya. Selain itu juga sebagai penentu perusahaan bisa dikatakan kredibel atau tidak.

Kesimpulan dari penjelasan di atas laporan keuangan sebuah usaha merupakan laporan yang berisi tentang semua alur transaksi dalam periode tertentu. Terdapat beberapa jenis yaitu laporan laba rugi, arus kas, neraca dan perubahan modal.

Fungsi dari semuanya adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban sebuah perusahaan kepada pihak yang berkaitan, sebagai bahan evaluasi dan menilai kondisi usaha untuk menentukan langkah selanjutnya yang lebih tepat. Jadi apabila sedang ingin merintis usaha maka pahami dengan baik terlebih dahulu bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik.

Laporan keuangan usaha sangat penting keberadaannya. Jadi paling tidak walaupun sudah ada staff finance yang menangani, pemimpin perusahaan tetap harus paham agar bisa menemukan mana yang kurang beres dan perlu perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *