Cara Membuat Proposal Usaha Kursus Bahasa Asing dan Contohnya

Cara Membuat Proposal Usaha Kursus Bahasa Asing dan Contohnya

Cara Membuat Proposal Usaha Kursus Bahasa Asing dan Contohnya

Menurut Ethnologue, sekitar 7.111 bahasa digunakan hari ini. Selain itu, penelitian menyatakan bahwa bahasa-bahasa ini terus berubah dan dinamis. Bagi pebisnis yang ingin mendirikan kursus bahasa, pastikan untuk membuat sebuah proposal usaha kursus bahasa asing untuk mendapat pendanaan.

Dengan mendirikan sebuah kursus bahasa, setidaknya bisnis tersebut bisa bermanfaat karena membantu orang-orang mempelajari banyak bahasa dan memecahkan hambatan komunikasi. Kira-kira, bagaimana sih cara untuk membuat sebuah proposal usaha dan seperti apa contohnya?

Cara Membuat Proposal Bisnis Kursus Bahasa Asing

Tidak ada bisnis yang dibangun secara ajaib dan menjadi sukses dalam sekejap mata. Setiap usaha harus memikirkan posisi pasar yang tepat, pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dan jangkauan yang tepat.

Bagi pebisnis yang ingin menyusun sebuah proposal rencana bisnis yang sukses untuk kursus bahasa dalam jangka waktu yang singkat, coba ikuti beberapa trik ini :

  1. Buat Pendahuluan

Sebelum memulai dengan rencana bisnis yang detail. Ada baiknya jika dimulai dengan pendahuluan. Bagaimana kursus bahasa asing merupakan bisnis yang tepat dan bisa memberikan keuntungan.

  1. Tinjauan Bisnis

Tinjauan bisnis atau overview perusahaan adalah bagaimana bisnis yang sudah dijalani. Apa saja visi dan misi yang dimiliki oleh pebisnis. Identifikasi tujuan utama bisnis untuk tahun-tahun mendatang.

  1. Struktur Bisnis

Keberhasilan bisnis apapun sebagian besar tergantung pada struktur bisnis organisasi. Jadi, jangan lupa untuk mencantumkan struktur bisnis  yang dapat mendukung pertumbuhan kursus bahasa asing.

  1. Layanan

Pada tahap ini, sampaikan layanan apa saja yang akan disediakan dalam kursus bahasa asing untuk ditawarkan kepada peserta kursus.

  1. Analisis

Analisis ini adalah tentang meletakkan kemungkinan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk kursus bahasa asing yang hendak dibuka.

Pertama, kekuatan yang lebih menjelaskan keunggulan apa yang dimiliki oleh kursus bahasa seperti staf pengajar yang memiliki pengalaman mengajar selama 15 tahun dari berbagai kursus dari berbagai negara.

Selanjutnya, kelemahan yang sama seperti kekuatan, mengacu pada semua tentang bisnis, tapi dilihat dari segi kekurangan. Contoh adalah tidak memiliki pengalaman manajemen bisnis yang bagus.

Ketiga adalah peluang, tidak seperti kekuatan dan kelemahan, peluang ini berbicara tentang kekuatan eksternal yang tak terhindarkan. Misalnya, rekrutmen CPNS harus melampirkan sertifikat TOEFL.

Terakhir adalah ancaman yang juga merujuk pada pengaruh luar yang biasanya dapat memengaruhi kursus bahasa asing yang hendak didirikan. Ancaman adalah bagian tak terpisahkan dari proposal bisnis. Contoh ancaman adalah banyak pesaing yang memiliki harga lebih murah.

Pebisnis  perlu mengalokasikan dan mengantisipasi solusi untuk kemungkinan ancaman bisnis di sekitarnya, Dengan cara ini, jika seandainya ancaman tersebut menghantam bisnis, maka sudah ada strategi untuk menanganinya.

  1. Strategi Pemasaran

Kursus bahasa  asing adalah lembaga pendidikan yang menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan. Itulah mengapa diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisa mempromosikan bisnis.

  1. Alokasi Anggaran

Tuliskan dengan rinci berapa anggaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kursus bahasa asing. Anggaran  yang tepat bisa memudahkan investor untuk memberikan modal.

Contoh Proposal Usaha Kursus Bahasa Asing

1. Pendahuluan

Kursus bahasa asing merupakan bisnis yang sedang besar dan berkembang pesat. Statistik mengatakan bahwa  kursus bahasa di Indonesia bernilai miliaran, dengan perkiraan tingkat pertumbuhan 1,3 persen dalam 2019 – 2022.

Umumnya, bisnis kursus menawarkan pengajaran bahasa mulai dari keterampilan percakapan untuk pengayaan pribadi hingga kursus pelatihan intensif untuk peluang karir atau pendidikan.

Kebutuhan akan bahasa asing sangat penting di industri 4.0 ini. Entah untuk berkarir atau kursus di luar negeri, kursus bahasa merupakan peluang bisnis yang terbilang menguntungkan.

2. Overview Perusahaan

Kampung Inggris Seruni adalah kursus bahasa yang akan berlokasi di kawasan perumahan padat penduduk di Sekayu, Jakarta Barat. Kursus akan menyediakan pelajaran bahasa Inggris dan berorientasi pada hasil yang nantinya didapatkan peserta.

Kami memberikan pendekatan dan pengalaman pembelajaran yang funny dengan biaya terjangkau yang tidak akan merugikan klien kami (siswa dan orang tua). ).

Kami akan menawarkan layanan pengajaran bahasa standar dan profesional dalam lingkungan belajar yang sangat aman dan kondusif.

Visi kami adalah membangun kursus bahasa yang mencerdaskan peserta dan menjadi pilihan nomor satu bagi siswa di seluruh Jakarta. Visi kami mencerminkan nilai-nilai kami: integritas, layanan, keunggulan, dan kerja tim.

Misi kami adalah untuk menyediakan lingkungan belajar yang profesional dan kondusif bagi peserta di berbagai tingkat pembelajaran.

3. Struktur Bisnis

Tujuan bisnis kami secara keseluruhan adalah memposisikan Kampung Inggris Seruni untuk menjadi lembaga pendidikan terkemuka di Jakarta dan juga menjadi salah satu dari 20 tempat kursus bahasa terbaik di Indonesia dalam 10 tahun pertama beroperasi.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka perusahaan kami memiliki struktur seperti :

–       CEO (Pemilik lembaga kursus)

–       Administrator

–       Tutor Bahasa

–       Akuntan

–       Cleaning service

4. Layanan

Seruni Kampung Inggris akan menawarkan berbagai layanan pembelajaran bahasa asing seperti :

  1. Bahasa Inggris dasar
  2. Bahasa Inggris grammar
  3. TOEFL Preparation

5. Analisis SWOT

Dalam proposal bisnis ini, kami menuliskan hasil analisis SWOT Seruni Kampung Inggris meliputi :

  1. Strength

Sebagai tempat kursus bahasa asing, kekuatan inti kami terletak pada pengalaman dan profesionalisme tenaga kerja kami. Kami memiliki tim dengan kualifikasi dan pengalaman yang sangat baik dalam bahasa.

Kami memiliki posisi yang baik dengan demografi t dan kami tahu kami akan menarik banyak calon peserta sejak hari pertama kami membuka pendaftaran.

  1. Weakness

Sebagai kursus bahasa baru Jakarta, mungkin perlu beberapa waktu bagi organisasi kami untuk masuk ke pasar dan diterima.

  1. Opportunities

Peluang dalam industri kursus bahasa sangat besar mengingat banyaknya orang yang ingin belajar bahasa baru. Pelatihan bahasa yang intensif akan tetap menjadi layanan pendidikan yang dibutuhkan, apalagi banyak pekerjaan dan pendidikan yang mensyaratkan TOEFL.

  1. Ancaman

Fakta bahwa semakin banyak aplikasi dan video tutorial belajar bahasa yang bisa diakses gratos tentu menjadi ancaman eksternal bagi bisnis kami.

6. Strategi Pemasaran

Beberapa strategi pemasaran yang akan kami terapkan untuk mengembangkan bisnis lembaga kursus kami adalah :

  1. Memanfaatkan internet dan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, untuk mempromosikan lembaga kursus kami.
  2. Mendorong pemasaran dari mulut ke mulut pada setiap peserta kursus yang puas.
  3. Beriklan secara online dengan menggunakan platform periklanan seperti Google AdWords.
  4. Posting informasi di papan bulletin di  tempat-tempat seperti sekolah, perpustakaan, dan café.
  5. Mencetak brosur dan menempelkannya di lokasi-lokasi strategis.
  6. Mengajak teman dan keluarga untuk menyebarkan berita tentang kursus bahasa kami
  7. Memasang papan reklame di lokasi strategis sekitar Jakarta.

7. Alokasi Anggaran Dan Analisis Finansial

  1. Sewa bangunan 1 tahun                                           Rp 20 juta/tahun
  2. Beli meja dan kursi                                                   Rp 5 juta
  3. Modul pembelajaran                                                Rp 10 juta
  4. Biaya pemasaran dan promosi                              Rp 3 juta
  5. Biaya lain-lain                                                           Rp 2 juta

Total

                                                                                                Rp 40 juta

 

Sebenarnya membuat sebuah proposal kursus bahasa asing tidak begitu sulit. Elemen yang harus ada dalam proposal dan jangan sampai tertinggal adalah pendahuluan, overview perusahaan, struktur bisnis, layanan, analisis SWOT, strategi pemasaran hingga alokasi anggaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *