Contoh Proposal Usaha Tambal Ban, Usaha Sejuta Umat

Contoh Proposal Usaha Tambal Ban, Usaha Sejuta Umat

Contoh Proposal Usaha Tambal Ban, Usaha Sejuta Umat

Seseorang yang menyukai segala hal tentang reparasi otomotif pasti akan menggelutinya menjadi sebuah bisnis yang bisa mendapatkan keuntungan, salah satunya adalah jasa tambal ban. Untuk membangun bisnis ini, dibutuhkan sebuah proposal usaha tambal ban untuk mendapatkan modal.

Tentu saja bisnis yang dibangun tidak hanya tambal ban saja, melainkan juga sebuah toko yang menyediakan berbagai macam persediaan ban. Bisnis tambal ban sama menguntungkannya dengan bisnis perbaikan kendaraan atau servis. Kira-kira, bagaimana contoh proposal bisnis tambal ban?

Contoh Proposal Usaha Tambal Ban

A. Pendahuluan

Ban bisa mengalami kerusakan akibat jalan yang dilalui oleh sebuah kendaraan. Ban sendiri adalah komponen utama dalam industri otomotif, oleh karena itu permintaan akan ban dari pemilik kendaraan selalu tinggi, entah karena rusak atau memang sudah saatnya diganti.

Tambal ban sendiri adalah sebuah bisnis yang terbilang menguntungkan karena hanya bermodalkan jasa, maka ada penghasilan harian yang didapatkan. Namun, bisnis tambal ban saja tidak cukup. Sebuah servis tambal ban yang bagus juga perlu menjual berbagai macam jenis ban dalam dan luar.

Servis tambal ban seperti kebanyakan bisnis di industri ritel, bergantung pada orang yang datang untuk menambal ban dan yang ingin membeli ban baru.

Ke depan, karena ekonomi Indonesia terus pulih dan banyak orang bepergian dengan kendaraannya setelah pandemi COVID-19, maka bisnis ini diperkirakan akan berkembang.

B. Overview Bisnis Tambal Ban

Abadi Tubeless yang berlokasi di Semarang Selatan adalah bisnis tambal ban dan juga menjual produk berkualitas mulai dari ban baru dan bekas. Dengan melakukan analisis pasar, maka kami yakin akan bersaing secara menguntungkan dengan bisnis yang menawarkan layanan terkait.

Kami bisa memastikan bahwa bisnis kami bisa berkembang melalui jumlah orang yang menggunakan jasa tambal ban kami atau orang yang hendak membeli ban.

Kami menyadari bahwa ada beberapa jasa tambal ban atau toko yang menjual ban di sekitar Semarang Selatan, itulah sebabnya kami melakukan analisis pasar yang menyeluruh agar bisa bersaing dengan semua kompetitor kami.

Abadi Tubeless sendiri tidak hanya menyediakan jasa tambal ban secara langsung, namun juga memiliki opsi layanan online untuk orang yang membutuhkan jasa kami. Ketika ada orang yang mendapat musibah dengan bannya bocor di jalan, maka kami siap untuk mendatanginya.

Visi kami sendiri adalah menjadi salah satu toko ban terbesar di Semarang Selatan dalam 5 tahun pertama dimulainya bisnis kami. Misi kami :

  1. Memberikan layanan tambal ban terbaik
  2. Menyediakan produk ban berkualitas
  3. Membuka gerai baru yang tidak akan terbatas di Semarang saja, namun juga mencakup seluruh Jawa Tengah dalam waktu 10 tahun sejak dimulainya bisnis.
  4. Struktur Bisnis

Abadi Tubeless tidak berniat untuk memulai jasa tambal ban seperti bisnis lainnya di sudut atau pinggir jalan. Kami ingin memulai bisnis tambal ban dengan membangun bengkel layanan tambal ban dan menjual berbagai macam ban berkualitas.

Meskipun bisnis kami mungkin tidak sebesar perusahaan yang sudah besar, maka kami berusaha mewujudkan visi misi bisnis kami dengan merekrut orang-orang terbaik. Berikut adalah struktur bisnis Abadi Tubeless :

– Pemilik

– Mekanik

– Kasir

– Staf pemasaran

– Staf gudang

C. Produk dan layanan Tambal Ban

Beberapa produk dan layanan yang akan Abadi Tubeless berikan untuk pelanggan yang datang adalah :

  1. Jasa tambal ban
  2. Jasa tambah angin
  3. Menjual berbagai merk ban baru dan bekas
  4. Menjual pelek ban (alloy dan non-alloy)
  5. Layanan vulkanisir (ganti ban, penyelarasan roda, penyeimbangan roda dan perbaikan ban dll)

D. Target Pasar Tambal Ban

Dengan lokasi bisnis yang terbilang strategis, kami meyakini bahwa perusahaan kami bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi.  Beberapa target pasar Abadi Tubeless kami adalah :

  1. Pemilik kendaraan
  2. Perusahaan transportasi dan pengangkutan
  3. Toko dealer mobil
  4. Driver ojek online
  5. Layanan penyewaan mobil

E. Proyeksi Pendapatan

Kami telah melakukan penelitian dalam bisnis, dan temuan menunjukkan bahwa kami akan mencapai pertumbuhan pendapatan yang stabil. Setidaknya proyeksi pendapatan yang akan kami miliki ke depannya adalah :

Tahun Pertama Rp 300.000.000

Tahun Kedua Rp 500.000.000

Tahun Ketiga Rp 780.000.000

F. Strategi Pemasaran Usaha Tambal Ban

Kami mempekerjakan para mekanik yang memiliki pemahaman yang baik tentang cara mengganti ban yang bocor dan memperbaikinya. Kami juga selalu mengembangkan strategi pemasaran yang akan membantu kami mencapai tujuan bisnis.Selain itu, kami juga menjual ban yang berkualitas.

Adapun strategi pemasaran yang Abadi Tubeless miliki adalah :

  1. Merekrut mekanik yang hebat untuk membuat pelanggan merasa puas.
  2. Memiliki berbagai macam ban dari berbagai merek yang selalu ada setiap saat.
  3. Menyediakan ban luar bekas yang masih berkualitas.
  4. Membuat diskon untuk pelanggan baru.
  5. Memberikan servis tambal ban gratis untuk pelanggan tetap setiap melakukan 10 servis.
  6. Memanfaatkan internet dan platform media sosial seperti; YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan platform lainnya untuk mempromosikan bisnis kami.
  7. Membuat spanduk dan billboard di posisi strategis.
  8. Membagikan  selebaran di sekitar lingkungan kami
  9. Mengiklankan bisnis di situs web resmi kami dan menerapkan SEO yang akan membantu menarik traffic ke situs
  10. Memberikan sticker Abadi Tubeless ke semua motor, mobil dan truk yang sudah menggunakan jasa tambal ban atau membeli ban dari kami.

G. Analisis SWOT Usaha Tambal Ban

  1. Strength

Kekuatan yang kami miliki adalah lokasi yang strategis, memiliki mekanik berpengalaman, layanan pelanggan memuaskan, pilihan ban yang banyak dan harga murah.

  1. Weakness

Kelemahan utama yang mungkin merugikan kami adalah kenyataan bahwa bisnis tambal ban kami masih terbilang baru di Semarang Selatan. Kami juga tidak memiliki kapasitas keuangan untuk bersaing dengan perusahaan penyedia ban yang lebih besar.

  1. Opportunities

Lokasi yang kami targetkan berada di jalan besar sehingga bisa menjadi pilihan bagi para pengendara yang memiliki masalah dengan ban kendaraannya. Selain itu, pengguna kendaraan saat ini semakin banyak.

  1. Threat

Ancaman yang kami miliki adalah adanya bisnis tambal ban yang menawarkan jasa dan layanan yang sama. Selain itu, kondisi ekonomi saat pandemi Covid-19 ini juga menjadi ancaman nyata bagi bisnis kami untuk berkembang.

H. Alokasi Anggaran Bisnis Tambal Ban

Dalam mendirikan bisnis apapun, jumlah atau biaya akan tergantung pada kebutuhan bisnis. Setidaknya alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk membuat bisnis tambal ban sendiri adalah :

  1. Sewa bangunan 1 tahun                                           Rp 20 juta/tahun
  2. Beli meja dan kursi                                                   Rp 5 juta
  3. Mesin kompresor                                                      Rp 5 juta
  4. Alat press ban                                                            Rp 3 juta
  5. Alat tambal ban                                                         Rp 500 ribu
  6. Persediaan ban                                                          Rp 20 juta
  7. Biaya peluncuran situs web                                    Rp 500 ribu
  8. Biaya pemasaran dan promosi                              Rp   1 juta
  9. Biaya lain-lain                                                           Rp 2 juta

Total

                                                                                                Rp 58 juta

Beberapa elemen penting ketika membuat sebuah proposal usaha tambal ban adalah adanya pendahuluan, overview perusahaan, struktur bisnis, produk usaha, target pasar, strategi pemasaran, analisis SWOT mengenai bisnis dan terakhir alokasi anggaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *