Prospek Usaha dan Contoh Proposal Usaha Fotocopy

Prospek Usaha dan Contoh Proposal Usaha Fotocopy

Prospek Usaha dan Contoh Proposal Usaha Fotocopy

Memulai usaha apapun memang membutuhkan yang namanya modal usaha, tidak terkecuali dengan fotocopy. Bisnis fotocopy membutuhkan modal untuk mengoperasionalisasikan bisnis agar berjalan lancar. Nah, seorang pebisnis setidaknya membutuhkan yang namanya proposal usaha fotocopy.

Dengan proposal, maka seorang pebisnis bisa mengajukannya ke beberapa investor  untuk bisa mendukung bisnis berjalan. Sayangnya tidak semua pebisnis tahu bagaimana cara untuk membuat sebuah proposal bisnis yang tepat. Tapi tenang saja, contoh proposal ini akan sangat membantu!

Contoh Proposal Usaha Fotocopy

A. Pendahuluan Usaha Fotocopy

Fotokopi adalah bisnis yang menangani layanan terkait bisnis seperti pengetikan dokumen, pencetakan dokumen, laminating dokumen, scan dokumen, fotokopi layanan faks dan telepon, penjilidan dll.

Fotokopi bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika dapat ditangani dengan tepat. Bisnis fotokopi juga melayani penyewaan PC di tempat, dan penjualan produk alat tulis.

Industri bisnis satu ini cukup berkembang pesat di kota, terutama jika lokasinya berada di dekat lembaga pendidikan atau perkantoran. Industri ini diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan 1,2 persen setiap tahunnya.

B. Overview Bisnis Fotocopy

Rania Fotocopy sendiri bisnis toko fotokopi yang renacananya akan dibangun di sekitar kampus Universitas Bendera, Jakarta. Rania Fotocopy melayani semua aspek yang berkaitan dengan  pengetikan, fotokopi, scan, laminating dokumen dan sebagainya.

Kami akan menumbuhkan lingkungan kerja yang humanis untuk mitra kami, karyawan, dan pelanggan. Rania Fotocopy adalah bisnis yang dimiliki oleh Rania Rizqy, seorang lulusan program studi Manajemen Bisnis.

Bisnis tersebut akan dikelola oleh putranya Dwinda Ryan lulusan Administrasi Bisnis yang memiliki pengalaman luas dalam berbisnis.

Dwinda akan membawa pengalaman dan keahliannya untuk membantu membangun dan mengembangkan Rania Fotocopy untuk bersaing secara menguntungkan dengan toko fotocopy yang ada di Jakarta Pusat.

Visi kami adalah membangun pusat layanan fotokopi yang akan hadir secara aktif di seluruh lokasi utama di Jakarta.

Misi kami adalah :

  1. Untuk mendirikan fotocopy yang akan menyediakan berbagai layanan dan produk yang berkaitan dengan tugas kantor dan pelajar.
  2. Memberikan layanan dan produk akan diberikan dengan harga terjangkau.
  3. Membuka cabang fotokopi

C. Struktur Bisnis Rania Fotocopy

Dalam menerapkan struktur bisnis yang baik, kami akan memastikan bahwa kami hanya mempekerjakan orang-orang yang berkualitas, jujur, customer centric dan siap bekerja untuk membantu kami.

Struktus bisnis yang berkualitas diharapka bisa membangun bisnis yang menguntungkan semua pemangku kepentingan (pemilik, tenaga kerja, dan pelanggan).

Sehubungan dengan itu, kami telah memutuskan untuk merekrut karyawan ang berkualitas dan kompeten untuk menempati posisi berikut;

  1. Direktur Utama (Pemilik)

Tugas utama dari direktur adalah :

  • Meningkatkan efektivitas manajemen dengan merekrut, memilih, melatih, menasihati, dan mendisiplinkan manajer Manajer Penjualan dan Pemasaran.
  • Mengkomunikasikan nilai, strategi, dan tujuan bisnis dengan menugaskan pertanggungjawaban; perencanaan, pemantauan, dan penilaian hasil pekerjaan karyawan.
  • Menciptakan, mengomunikasikan, dan mengimplementasikan visi, misi, dan arah keseluruhan bisnis.
  • Merencanakan pengembangan dan implementasi strategi bisnis secara keseluruhan.
  1. Manajer Penjualan dan Pemasaran (Pengelola)

Beberapa tugas utama manajer penjualan dan pemasaran adalah :

  • Membantu meningkatkan penjualan dan pertumbuhan perusahaan
  • Mengidentifikasi dan menjangkau mitra baru atau peluang bisnis yang ada
  • Bertanggung jawab untuk mengawasi kebutuhan pelanggan
  • Mengembangkan, melaksanakan, dan mengevaluasi rencana baru untuk memperluas peningkatan penjualan
  1. Operator Fotocopy

Tugas utama seorang operator fotocopy adalah bertanggung jawab untuk menangani layanan seperti pengetikan, pencetakan, fotokopi, scan dokumen, jilid buku, bookmark dan sebagainya.

  1. Akuntan

Sementara untuk admin keuangan atau akuntan bisnis memiliki tugas :

  • Bertanggung jawab untuk menyiapkan rencana anggaran, dan laporan keuangan untuk bisnis
  • Menganalisis risiko keuangan
  • Melakukan manajemen kas, akuntansi buku besar, dan pelaporan keuangan
  • Bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem dan kebijakan keuangan

D. Produk dan Layanan

Rania Fotocopy ingin sekali menghasilkan keuntungan tinggi dan kami akan memastikan bahwa kami menempatkan pusat bisnis kami di lokasi-lokasi utama seluruh Jakarta Pusat ke depannya.

Kami akan melakukan semua aturan pemerintah untuk bisa mencapai tujuan bisnis Rania Fotocopy Berikut adalah beberapa produk dan layanan yang akan tersedia di Rania Fotocopy :

  1. Mengetik dokumen
  2. Mencetak dokumen
  3. Melaminasi dokumen
  4. Scan dokumen
  5. Memfotokopi dokumen
  6. Jilid skripsi
  7. Jilid buku
  8. Layanan faks dan telepon dkk.
  9. Menjual berbagai produk alat tulis.
  10. Menjual materai
  11. Menawarkan jasa desain cover
  12. Menawarkan jasa bookmark

E. Target Pasar Usaha Fotocopy

Target pasar bagi kami adalah mereka yang membutuhkan layanan dan produk toko fotokopi yang mencakup semuanya. Mengingat kehadiran fotocopy akan selalu dibutuhkan, maka  kami telah menempatkan kios kami di lokasi strategis untuk melayani mahasiswa, pelajar dan karyawan kantoran.

Kami telah melakukan riset pasar dan kami memiliki gagasan tentang apa siapa target pasar kami seperti :

  1. Pelajar
  2. Mahasiswa
  3. Karyawan Perusahaan
  4. Anak-anak

F. Analisis Pasar Usaha Fotocopy

Persaingan yang ada di industri fotocopy sangat ketat karena siapa saja bisa memulai usaha ini apalagi membuka bisnis fotocopy juga tidak sulit secara finansial. Orang bisa membeli mesin fotokopi bekas, dengan harga murah.

Meskipun, bisnis fotocopy memerlukan beberapa bentuk keterampilan khusus dari operatornya, hall itu tidak menghentikan niat untuk memulai bisnis dan tetap menghasilkan keuntungan.

Rania Fotocopy sendiri berupaya menyikap persaingan bisnis yang ada dengan memberikan layanan pelanggan kami yang sangat baik, harga yang sangat kompetitif, opsi pembayaran yang banyak dan tempat yang nyaman.

Terakhir, kami melatih karyawan dengan baik untuk membantu mewujudkan tujuan yang sudah kami tetapkan dan mencapai semua visi misi bisnis Rania Fotocopy.

G. Strategi Pemasaran dan Penjualan

Sebelum memilih lokasi untuk pusat bisnis, kami sudah melakukan survei pasar dan studi kelayakan secara menyeluruh agar kami dapat menembus pasar yang tersedia dan menjadi pilihan utama bagi pelajar dan karyawan di Jakarta Pusat. Kami akan melakukan strategi pemasaran dan penjualan seperti :

  1. Mengirimkan brosur ke perusahaan, sekolah, rumah dan sebagainya.
  2. Mencetak selebaran tentang bisnis kami
  3. Memberikan tampilan unik pada toko fotokopi dengan mengecatnya menggunakan warna-warna cerah atau memasang papan neon besar sehingga mudah dikenali oleh pelanggan.
  4. Beriklan di internet seperti blog dan forum, dan juga di media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan LinkedIn.
  5. Membuat situs web untuk bisnis kami, sehingga bisnis kami bisa hadir secara.
  6. Memberikan diskon untuk pelanggan kami

H. Alokasi Anggaran Bisnis

  1. Sewa bangunan 1 tahun           Rp 20 juta/tahun
  2. Mesin fotokopi 2 buah              Rp 10 juta
  3. Perabotan                                    Rp 10 juta
  4. Alat-alat tulis untuk dijual       Rp 10 juta
  5. Komputer atau PC 4 buah        Rp 12 juta
  6. Printing                                        Rp 3 juta
  7. Alat jilid dan laminasi               Rp 3 juta
  8. Biaya lain-lain                            Rp 2 juta

Total

                                                                  Rp 70 juta

Demikian proposal usaha ini kami buat, mengenai penghitungan bagi hasil akan kami jelaskan jika proposal kami diterima. Bapak/ibu bisa menghubungi kami melalui email raniaphotcopy@gmail.com

Tidak sulit  bukan membuat sebuah proposal usaha fotocopy? Hal-hal yang harus dituliskan ke dalam proposal adalah pendahuluan, overview perusahaan, struktur bisnis, produk dan layanan, target pasar, strategi pemasaran hingga alokasi anggaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *