Cara Membuat Proposal Usaha Toko Obat dan Contohnya

Cara Membuat Proposal Usaha Toko Obat dan Contohnya

Cara Membuat Proposal Usaha Toko Obat dan Contohnya

Memiliki proposal bisnis adalah salah satu langkah terpenting dalam membuat sebuah toko obat atau apotek. Bank dan investor selalu ingin melihat rencana bisnis dalam sebuah proposal usaha toko obat sebelum membahas pembiayaan modal.

Proposal sendiri seperti rencana bisnis yang tentunya sangat membantu Anda menetapkan tujuan dan mempersiapkan operasional bisnis yang sukses. Sebuah proposal setidaknya harus mencakup semuanya, mulai dari biaya awal hingga rencana pemasaran yang terperinci.

Cara Membuat Proposal Bisnis Toko Obat

Ketika membuat sebuah proposal, kira-kira apa saja sih yang harus disertakan? Berikut adalah elemen kunci untuk disertakan dalam proposal usaha apotik atau toko obat :

  1. Overview  Bisnis 

Elemen pertama adalah overview mengenai bisnis dengan menekankan bagaimana usaha toko obat akan melayani pembelian berbagai jenis obat untuk. Pernyataan misi harus dicerminkan dalam hal ini.

  1. Produk

Pada bagian ini, tuliskan apa saja produk atau layanan yang nantinya ada dalam toko obat yang hendak didirikan.

  1. Struktur Kepemilikan

Uraikan detail kepemilikan toko obat, apakah dimiliki oleh satu orang sebagai kepemilikan tunggal atau memiliki mitra.

  1. Target Market

Cobalah melakukan analisis demografi. Siapa yang akan menjadi basis pelanggan bisnis toko obat? Bagaimana demografi toko? Identifikasi juga pesaing bisnis dan kemudian buatlah analisis SWOT.

Pahami pesaing a untuk mengidentifikasi celah apa yang akan diisi toko obat di pasar dan niche pasar bisnis nantinya.

Apa sih keunggulan apotek dibandingkan pesaing. Apa yang akan diberikan toko obat kepada orang-orang yang saat ini

  1. Strategi  Pemasaran

Pemasaran sering diabaikan dalam proposal bisnis, padahal bagian ini amat penting. Bisnis toko obat bisa menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik daripada pesaing sehingga membuat orang kembali beli lagi di sini. Susun rencana pemasaran apotek dengan sebijak mungkin.

  1. Rencana dan Proyeksi Keuangan

Sampaikan  mengenai rencana dan proyeksi keuangan bisnis toko obat ke depannya untuk memudahkan investor mengira-ngira modal awal yang harus diberikan.

Contoh Proposal Usaha Toko Obat

Overview Bisnis Toko Obat

Toko Obat XYZ adalah sebuah tempat yang menjual beragam obat-obatan mulai dari kimia hingga herbal yang akan memberikan kemudahan dan pelayanan luar biasa kepada pelanggan. Tim apoteker kami berkualifikasi tinggi dan produk dijual harga yang kompetitif.

Toko obat XYZ akan memenuhi seluruh standar etika profesi dan akan berlokasi di Jalan Melati, blok E. Ada toko seluas 10 meter2  yang tersedia untuk disewa.

Di dekatnya ada beberapa klinik dan rumah sakit anak sehingga lokasi sangat ideal untuk membangun apotek. Bisnis kami akan beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 – 21.000

Apotek yang sudah ada di wilayah ini sangat sedikit dan produk yang dijual masih sangat tinggi. Selain itu, produk yang paling umum biasanya kehabisan stok karena permintaan yang tinggi.

Visi  utama dari toko obat adalah untuk meluncurkan bisnis farmasi yang berkelanjutan dan menjual produk farmasi yang lebih baik dan otentik kepada pelanggan. Adapun misi kami adalah :

  1. Menciptakan gerai yang menyediakan berbagai macam obat-obatan dan produk perawatan kepada konsumen.
  2. Memperluas kegiatan di bidang obat-obatan.
  3. Mendapatkan profitabilitas dalam beberapa tahun pertama dengan meningkatkan jumlah pelanggan menjadi sekitar 30% setiap tahun.
  4. Membuka lebih banyak cabang.

Produk

Berbagai macam obat resep, produk perawatan pribadi, dan obat-obatan herbal akan tersedia di toko ini meliputi :

  1. Obat kimia
  2. Suplemen  untuk kesehatan dan kebugaran
  3. Susu untuk bayi dan ibu
  4. Vitamin untuk perawatan kecantikan
  5. Vitamin dan Suplemen
  6. Produk  herbal

Struktur Kepemilikan

Toko obat XYZ dikelola oleh Anita Kurnia, S.Farm sebagai pemilik tunggal. Bisnis akan mempekerjakan seorang apoteker yang memenuhi syarat dan kualifikasi.

Target Pasar Toko Obat

Sasaran pasar :

Orang-orang yang tinggal di masyarakat sering membeli obat setiap bulan. Beberapa pembayaran dilakukan melalui asuransi kesehatan dan beberapa pembayaran tunai. Target konsumen kami adalah

– Wanita dan laki-laki 20-60 tahun

– Anak remaja

– Ibu hamil atau menyusui

Analisis Pasar :

Kami telah memetakan lokasi toko obat XYZ dengan sangat ideal. Ide bisnis kami adalah untuk mengembangkan dan memelihara hubungan pada konsumen lokal dengan memberikan harga terjangkau untuk menarik minat beli produk obat kami. Fokus utama kami adalah kebutuhan pelanggan.

Analisis Kompetitif:

Lingkungan yang kami pilih adalah lingkungan berpenghasilan rendah dan menurut survei yang dilakukan, orang-orang tidak senang dengan cabang apotek bermerek dan terkenal karena harganya tinggi dan barang-barang yang dibutuhkan sering tidak tersedia.

Pemasaran

Tim toko obat XYZ berencana untuk beriklan di semua media. Kami akan menggunakan platform media sosial untuk mengiklankan toko obat kami. Tim juga akan menyebarkan pamflet di klinik dan rumah sakit terdekat.

Kami akan mencetak iklan di semua surat kabar dan majalah berbasis komunitas. Selain itu, kami akan memasang iklan di internet untuk meningkatkan kesadaran merek. Berikut rencana pemasaran kami :

– Website

Membuat website tentang toko obat XYZ dengan menyebutkan semua layanan yang kami tawarkan dan produk yang akan tersedia di toko. Kami juga akan menyebutkan semua promosi yang sedang berjalan.

– SMS dan Email

Toko obat XYZ akan mengirim SMS atau email tentang promosi dan penawaran kami kepada target konsumen kami.

– Media Sosial

Dengan semakin masifnya pemasaran di sosial media, maka kami juga akan membuat akun media sosial dan mengiklankan toko obat kami.

– Brosur

Kami akan mencetak sebuah brosur tentang promosi yang toko obat XYZ sedang lakukan dan menyebarkannya.

Proyeksi Keuangan Bisnis Toko Obat

Kami ingin perusahaan bapak/ibu menginvestasikan Rp 50 juta untuk biaya awal dan biaya operasional selama 2 tahun pertama. Rincian perkiraan biaya awal akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pemasaran Rp 5 juta
  • Sewa tanah 1 tahun Rp 15 juta
  • Obat-obatan dan produk perawatan kesehatan Rp 20 juta
  • Biaya utilitas Rp 3 juta
  • Peralatan Rp 5 juta
  • Lain-lain Rp 2 juta
  • Total Rp 50 juta

Prakiraan Penjualan

Toko obat kami i pasti akan menarik banyak pelanggan karena keterjangkauan dan kenyamanannya. Kami  sangat optimis dan yakin bahwa investasi akan kembali dalam beberapa tahun pertama dan mulai menghasilkan keuntungan pada akhir tahun kedua.

Di bawah ini adalah perkiraan penjualan untuk tahun fiskal pertama, berdasarkan informasi yang dikumpulkan di lapangan.

Barang Perkiraan Penjualan

– Obat Rp 50 juta

– Suplemen dan vitamin Rp 20 juta

– Susu ibu hamil Rp 5 juta

– Susu formula Rp 15 juta

6 bulan pertama: Rp 70 juta

Tahun fiskal pertama: Rp 150 juta

Tahun fiskal kedua: Rp 380 juta

Demikian proposal ini kami buat, pengaturan bagi hasil antara para pihak akan dilakukan setelah proposal diterima. Bapak/ibu dapat menghubungi bisnis kami di 088678676 atau [email protected]

Sudah paham bagaimana cara untuk membuat proposal usaha toko obat, ya? Dalam membuat sebuah proposal, elemen yang harus dimasukkan adalah overview bisnis, produk, struktur kepemilikan, target pasar, strategi pemasaran dan proyeksi keuangan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
contoh proposal toko obat

Leave a Reply

Your email address will not be published.