Analisa Usaha Salon Kecantikan dan Prospek Bisnisnya

Analisa Usaha Salon Kecantikan dan Prospek Bisnisnya

Analisa Usaha Salon Kecantikan dan Prospek Bisnisnya

Salon kecantikan adalah sebuah usaha yang masuk dalam kategori industri yang kompetitif dengan target pasar yang beragam. Dengan keragaman dalam industri yang selalu berubah,  maka seorang pebisnis harus bisa melakukan analisa usaha salon kecantikan agar bisnisnya tidak stuck.

Salon kecantikan harus memiliki pendekatan agresif dan strategis untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Analisis SWOT sendiri adalah alat untuk membangun strategi membangun dan mempertahankan bisnis. Lalu bagaimana sih cara untuk menganalisa sebuah usaha salon kecantikan?

Cara Melakukan Analisa Bisnis Salon Kecantikan

Analisa SWOT

Merupakan sebuah analisis yang sangat penting untuk dalam bisnis apapun.  Merupakan kepanjangan dari :

–  Strength (kekuatan)

–  Weakness (kelemahan)

–  Opportunity (peluang)

–  Threats (ancaman)

SWOT bagus sekali untuk menganalisis sebuah bisnis apapun. Analisis SWOT membantu bisnis, termasuk salon kecantikan untuk mengidentifikasi area mana yang sekiranya bisa membuat bisnis tetap unggul sambil mengklasifikasikan area yang memerlukan perbaikan dan penyesuaian.

Bagi pebisnis yang baru saja merintis usaha salon kecantikannya dan bingung bagaimana melakukan analisa salonnya, berikut hal-hal yang harus diperhatikan :

  1. Strength (Kekuatan)

Mengidentifikasi kekuatan salon kecantikan terkadang semudah melihat pelanggannya. Salon kecantikan dengan daftar klien yang banyak adalah tanda bahwa pemasaran yang dimilikinya sukses, operasionalnya bagus dan memiliki manajemen klien atau pelanggan yang kuat.

Seberapa sukses bisnis itu dan apa yang membuatnya demikian dapat didiskusikan secara mendetail, dengan menyoroti sisi positifnya. Misalnya, apakah salon memiliki produk yang tepat dengan harga yang tepat?

Apakah ada perawatan dan proses rambut khusus yang menjadi keunggulan salon? Apakah tempat nyaman untuk menunggu? Pebisnis dapat melihat salon dari perspektif pelanggan untuk mendapatkan hasil maksimal dari mendiskusikan kekuatan apa yang ada di dalam bisnis.

Nah, analisis SWOT membantu mengidentifikasi alasan mengapa kelebihan yang dimiliki oleh bisnis kecantikan saat ini adalah kekuatan yang harus ditonjolkan. Faktor-faktor seperti tim yang terlatih dan lokasi strategis mungkin menjadi kekuatan inti salon yang mungkin bisa Anda cantumkan.

  1. Weakness (Kelemahan)

Kelemahan adalah hal yang perlu dicari oleh para pemilik bisnis salon kecantikan. Contoh kelemahan dari salon kecantikan adalah kurangnya keterampilan para staf yang dirasa masih tidak cukup cekatan dalam melayani pelanggan.

Atau bisa juga bisnis memiliki layanan pelanggan yang buruk. Kelemahan dapat menghambat pendapatan salon kecantikan. Mengidentifikasi kelemahan salon kecantikan adalah langkah awal untuk melakukan perbaikan strategis.

Secara umum, kelemahan dapat diidentifikasi sebagai sisi lain dari kekuatan. Area di mana salon memiliki kekuatan biasanya akan ada kelemahan juga.

Penting untuk melihat usaha salon dengan secara transparan. Kelemahan lain yang bisa diidentifikasi juga meliputi inventaris dan alat kecantikan yang kurang atau sulit memiliki lokasi yang strategis dengan ruang dan parkir yang terbatas.

  1. Opportunity (Peluang)

Jika kekuatan dan kelemahan adalah aspek internal dari analisis salon kecantikan, bagian peluang dan ancaman dari SWOT mengevaluasi aspek eksternal salon. Tren dan gaya kecantikan yang terus berkembang dapat menghadirkan banyak peluang bagi salon kecantikan.

Bisa juga dengan memikirkan teknologi atau proses baru apa yang dapat dicoba? Kelemahan apa yang bisa diubah menjadi kekuatan dengan menghilangkannya?

Apakah ada tren saat ini seperti warna rambut tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan bisnis? Apakah ada promo khusus yang dapat digunakan untuk mendorong lebih banyak pelanggan?

Apakah ada produk baru yang tidak ditawarkan oleh salon lain di daerah tersebut? Ya, peluang dapat sesederhana mungkin dengan memperkenalkan style rambut baru atau  riasan terbaru.

Dari sini, bisnis salon bisa memperkenalkan berbagai produk dan merek baru yang sedang trend untuk menarik pasar pelanggan baru.

  1. Threats (Ancaman)

Ancaman salon kecantikan adalah hal-hal yang mengancam kehidupan bisnis salon kecantikan. Ancaman dapat berkisar dari persaingan salon baru hingga perubahan dalam undang-undang seperti PPKM akibat adanya pandemi ini.

Jika ada banyak ancaman tidak dapat diubah, maka salon harus mengidentifikasi bentuk ancaman tersebut untuk menciptakan langkah strategis dan mengatasi tantangan yang akan datang.

Misalnya, basis pelanggan salon kecantikan mungkin terancam oleh salon kecantikan baru yang masuk ke area tersebut.

Meskipun pebisnis tidak dapat memaksa salon kecantikan baru untuk pindah, maka pebisnis dapat membuat strategi baru untuk melawan persaingan, mempertahankan basis pelanggan  dan mendatangkan pelanggan baru.

Nah, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memperkenalkan gaya baru, memberikan promosi dan diskon member salon.

Contoh Analisa Usaha Salon Kecantikan

Bagi yang masih bingung untuk melakukan analisa pada usaha salon kecantikan yang dimilikinya, di bawah ini ada contoh analisis SWOT dari Sally Beauty. Contoh ini akan berupaya menganalisis merek berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancamannya.

Dalam analisis SWOT Sally Beauty, kekuatan dan kelemahan adalah faktor internal sedangkan peluang dan ancaman adalah faktor eksternal.

Tabel di bawah akan mencantumkan SWOT Sally Beauty, pesaing teratas Sally Beauty dan termasuk target pasar, segmentasi, positioning & Unique Selling Proposition (USP).

Analisis Merek Salon Sally Beauty

Nama perusahaan Salon Sally Beauty
Kategori Layanan potong rambut dan kecantikan
Sektor Jasa
Tagline Cantikmu Kebangganku
Unique Selling Point (USP) Memimpin salon kecantikan dengan pengalaman 10 tahun

 

Segmenting Targeting Positioning Salon Sally Beauty

Segmentasi Salon, profesional kecantikan, dan konsumen
Target Pasar Salon besar dan profesional
Positioning Jasa penyedia layanan kecantikan

 

Analisis SWOT Salon Sally Beauty

Strength

 

 

1. Sally Beauty adalah salon kecantikan terbesar di daerah Ciwaringin.

2. Memiliki berbagai layanan kecantikan seperti potong rambut, pedicure manicure, rias atau makeup dan pijat spa.

3. Memiliki basis pelanggan yang sudah cukup banyak.

4. Menawarkan harga layanan yang kompetitif

5. Memiliki lokasi toko yang nyaman dengan berbagai pilihan produk kecantikan yang bisa dicoba.

 

5. Menawarkan program loyalitas dengan memberikan diskon layanan kepada anggotanya

 

6. Sally Salom telah menjaga pertumbuhan bisnisnya dalam 10 tahun terakhir

Weakness 1. Keuntungan yang didapatkan Salon Beuaty Sally masih bergantung pada jumlah pelanggan yang datang ke salon dan berapa layanan yang sudah diberikan.

2. Bisnis harus menggunakan produk kecantikan yang selalu up to date sementara perubahan tren kecantikan sendiri tidak bisa ditebak.

 

3. Jumlah pelanggan yang dayang tidak dapat diprediksi.

Opportunity 1. Pertumbuhan pasar kecantikan yang kuat

2. Banyak orang yang kian menyadari tentang pentingnya menyadari perrawatan kecantikan

3. Style rambut yang kian berkembang

Threats 1. Hadirnya pesaing baru di lokasi dengan pasar yang sama.

2. Banyaknya layanan salon kecantikan yang home service.

3. Pandemi COVID-19 yang tidak kunjung selesai sehingga membuat orang takut untuk pergi ke salon.

Melakukan analisis SWOT pada salon kecantikan harus menjadi bagian dari proses evaluasi rutin tentang bagaimana bisnis berjalan.

Analisa usaha salon kecantikan dengan memperhatikan apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis serta mana yang menjadi peluang dan ancaman sangat penting untuk keberlangsungan bisnis ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.