Analisa Usaha Pangkas Rambut dan Contohnya

Analisa Usaha Pangkas Rambut dan Contohnya

Analisa Usaha Pangkas Rambut dan Contohnya

Siapapun yang hendak membuka sebuah bisnis, analisis SWOT adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk bisa mengetahui bagaimana bisnis bisa berjalan dan berkembang dengan bagus, termasuk usaha pangkas rambut. Ya, analisa usaha pangkas rambut juga diperlukan agar bisnis bisa berjalan.

Usaha pangkas rambut juga bisa dibilang sebagai barbershop adalah tempat para laki-laki berkunjung untuk memotong, atau mencukur rambut, jenggot dan merapikannya. Bagi yang ingin sekali membuka sebuah bisnis pangkas rambut, cobalah untuk melihat contoh analisis SWOT ini.

Analisa Usaha Pangkas Rambut

Banyak orang salah mengartikan pangkas rambut dengan salon rambut. Keduanya adalah istilah yang berbeda. Tukang cukur biasanya tahu dua jenis potongan rambut; potong rambut pendek dan model rambut pria konvensional.

Sementara penata salon adalah seorang seniman rambut dan lebih berfokus memotong rambut yang panjang untuk kemudian menatanya dengan style yang diinginkan pelanggan.

Contoh layanan usaha pangkas rambut

Beberapa layanan utama pangkas rambut adalah sebagai berikut;

–       Memotong  rambut laki-laki dan dewasa

–       Menata rambut

–       Cukur jenggot

–       Pangkas kumis

Analisa SWOT Pangkas Rambut

Berikut adalah contoh analisis swot dari sebuah usaha pangkas rambut :

  1. Strength

Berikut ini adalah kekuatan utama dari pangkas rambut :

– Lokasi Mudah Diakses

Lokasi usaha pangkas kami berada di lingkungan yang tidak banyak menyediakan barbershop atau salon rambut. Dengan lokasi ini, maka kami meyakini bahwa keberhasilan bisnis ini akan lebih tinggi karena orang biasanya lebih memilih toko yang mudah dan terdekat untuk dijangkau.

Tidak ada pangkas rambut lain di lokasi bisnis kami dan banyak orang tinggal atau bekerja di dekatnya. Faktor ini akan meningkatkan kemungkinan menarik pelanggan baru dan membangun merek yang dapat dikenali, berkat banyak referensi dari mulut ke mulut.

– Memiliki Jam Buka Panjang

Model bisnis yang akan kami operasikan akan buka 15 jam setiap hari dengan beberapa pilihan pembayaran. Dengan jam buka ini, kami yakin menjadi kekuatan yang kuat bagi bisnis pangkas rambut

– Staf yang Ramah

Pangkas barbershop adalah jasa yang melayani customer secara langsung. Kami memiliki customer center atau staf yang ramah sehingga orang yang berdatangan ke bisnis kami tidak akan kecewa dan bahkan akan selalu mempercayakan jasa kami setiap kali dibutuhkan.

– Harga Ekonomis

Kami menawarkan layanan berkualitas dengan kisaran harga yang ekonomis dan itu akan menjadi keunggulan kompetitif yang besar bagi bisnis kami.

Dengan harga potong yang ekonomis, maka bisnis usaha pangkas rambut kami akan menarik lebih banyak orang dan bisa  menjadi pelanggan tetap.

– Staf Profesional yang Terlatih

Jika seorang tukang cukur memiliki sikap ramah, lokasi bagus dan kisaran harga yang baik, tetapi dia bukan seorang profesional yang terampil, maka hal itu akan sangat buruk untuk bisnis. Kami tidak ingin hal itu terjadi pada bisnis kami.

Staf kami adalah seseorang yang sangat terlatih dan terampil. Kami memiliki seorang tukang cukur yang berpengalaman dan bersertifikasi dan tentu saja sudah terlatih untuk memotong dengan gunting, alat utama yang digunakan untuk memotong rambut pria.

  1. Weakness

Kelemahan yang kami rasakan terletak pada titik bahwa kami baru memulai bisnis dan kami mungkin tidak memiliki modal keuangan yang diperlukan untuk mempertahankan merek usaha pangkas rambut kami. Beberapa kelemahan yang kami miliki adalah :

– Penghasilan Tidak Tetap

Satu-satunya sumber pendapatan dari bisnis pangkas rambut adalah pelanggan. Penghasilan kami tergantung pada jumlah pelanggan yang datang.

Ketika jumlah pelanggan turun, itu akan mengurangi penjualan dan profitabilitas bisnis kami. Pandemi Covid-19 adalah contoh yang sangat tidak menguntungkan. Jumlah pelanggan harus cukup tinggi untuk menutupi investasi, pengeluaran, dan tetap menghasilkan keuntungan.

– Layanan Hanya untuk Pria

Pangkas rambut hanya melayani pria karena tidak menyediakan potong rambut dan hairstyle untuk wanita. Tentu layanan kami ini adalah salah satu kelemahan utama dari bisnis pangkas rambut. Biasanya wanita tidak mengunjungi pangkas rambut karena mereka lebih memilih salon kecantikan.

– Tanpa Spa & Tanpa Pijat

Layanan pangkas rambut juga terbatas karena memang hanya menawarkan potong rambut, jenggot dan kumis. Berbeda dengan salon kecantikan yang memiliki keunggulan kompetitif karena menawarkan spa dan pijat dengan layanan potong rambut.

  1. Opportunities

Kami memiliki peluang yang bagus dalam membangun dan mengembangkan bisnis kami, di antaranya :

– Gaya Rambut Terbaru & Style Populer

Kami menawarkan potongan rambut  yang beragam dari gaya rambut tren dahulu hingga yang terbaru. Dengan layanan ini, maka kami bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Apalagi lokasi tempat usaha kami berdiri ini kebanyakan adalah anak muda. Biasanya anak mudah selalu ingin mengikuti model rambut dengan style terbaru. Layanan yang bisa menyediakan style potongan rambut yang beragam akan menarik banyak pelanggan,

– Orang Sadar Akan Tren Gaya Rambut

Saat ini, orang-orang sudah mulai sangat sadar tentang gaya rambut dan potongan rambut mereka. Dengan kata lain, mereka menjadi sadar tentang penampilan dan mereka ingin terlihat lebih bagus.

Jika kami dapat membuat tampilan pelanggan terlihat bagus, maka mereka akan terus mengunjungi bisnis pangkas rambut ini.

– Style Rambut Selebriti yang Banyak Ditiru

Style rambut selebriti memainkan peran penting dalam mempengaruhi pilihan customer. Orang-orang menyukai selebriti tertentu karena suatu alasan. Biasanya para penggemar ingin mengikuti gaya selebriti favorit mereka.

Tentu dengan adanya keinginan meniru idolanya ini memberikan peluang besar bagi pangkas rambut untuk mengetahui gaya selebriti favorit orang-orang dan menawarkan potongan rambut yang sama persis kepada customer.

  1. Threats

Bebrapa ancaman terbesar untuk bisnis pangkas rambut adalah :

– Bisnis yang Sangat Kompetitif

Bisnis pangkas rambut atau barbershop telah menjadi sangat kompetitif dalam beberapa tahun terakhir. Kami perlu mempelajari keterampilan dan menemukan lokasi strategis dan mulai menawarkan layanan potong rambut terbaik.

Masuknya bisnis barbershop dengan begitu mudah bisa mendatangkan banyak pesaing untuk bisnis kami. Semakin banyak pesaing di pasar berarti semakin sedikit keuntungan bagi semua orang.

– Banyak Salon Rambut Pria dan Wanita

Salon pria dan wanita adalah ancaman utama bagi bisnis pangkas rambut. Mengapa? Sebab biasanya salon juga menawarkan layanan potong rambut dengan berbagai style, spa, dan layanan pijat.

Saat ini, banyak pria lebih memilih salon pria dan wanita daripada tempat pangkas rambut. Tidak ada banyak perbedaan harga. Tetapi salon menawarkan layanan berkualitas dan style pilihan.

– Penemuan Alat Pangkas Rambut yang Mudah

Saat ini, orang dapat dengan mudah menemukan alat pangkas rambut di pasaran yang akan membantu orang memotong rambut tanpa bantuan siapa pun.

Penemuan alat seperti itu akan menjadi ancaman besar bagi bisnis pangkas rambut. Ketika orang bisa melakukan potong rambut sendiri, mereka tidak perlu mengunjungi barbershop manapun.

Ketika ingin membuat sebuah bisnis barbershop, maka cobalah untuk melakukan analisa usaha pangkas rambut seperti contoh di atas dengan menjabarkan apa sih kekuatan dan kelemahan dari bisnis ini, lalu apa saja peluang dan ancaman ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.