usaha ternak burung puyuh

Cara Membuat Proposal Usaha Burung Puyuh Beserta Contohnya

Cara Membuat Proposal Usaha Burung Puyuh Beserta Contohnya

Peternakan burung puyuh adalah bisnis yang sangat menguntungkan, dan banyak orang menghasilkan uang dengan menjual daging dan telurnya. Puyuh memiliki rasa yang enak dan bergizi tinggi. Bagi yang ingin sekali membuka bisnis, pastikan untuk membuat terlebih dahulu proposal usaha buyung puruh.

Peternakan puyuh adalah bisnis yang menguntungkan, tetapi ada beberapa hal penting yang perlu kita lakukan sebelum terjun ke bisnis ini. Kita harus memiliki sebuah proposal usaha untuk bisa  memulainya. Kira-kira, bagaimana sih cara untuk membuat proposal dari bisnis satu ini?

Cara Membuat Proposal Usaha Burung Puyuh

Telur puyuh dikemas dengan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Telur puyuh lebih bergizi daripada telur ayam. Permintaan burung puyuh dan telur puyuh cukup tinggi. Puyuh dapat dipelihara untuk daging, atau untuk bertelur, atau bahkan keduanya.

Namun, untuk membangun bisnis peternakan unggas puyuh yang sukses dan berkelanjutan, kita memerlukan pengetahuan yang cukup tentang cara beternak burung secara efisien, keterampilan manajemen yang baik, dan bisnis peternakan puyuh yang sistematis.

Salah satu cara untuk menjalankan bisnis dengan sukses adalah dengan memiliki proposal bisnis. Salah satu alasan utama menyusun proposal rencana bisnis adalah agar kita dapat memiliki peta yang dapat menjadi panduan saat membangun bisnis peternakan puyuh.

Berikut ini adalah cara menuliskan proposal usaha burung puyuh:

1. Buat Pendahuluan

Pertama, kita bisa memulai proposal usaha burung puyuh dengan menuliskan sebuah pendahuluan. Adanya pendahuluan ini memudahkan investor untuk mengetahui bagaimana latar belakang usaha yang hendak kita jalankan. Jangan lupa tambahkan visi, misi, gambaran bisnis, dan target yang dicapai.

2. Tulis Profil Bisnis

Setelah kita menuliskan pendahuluan, langkah selanjutnya adalah menuliskan profil dari usaha bisnis yang dijalani dengan singkat. Kita bisa menuliskan jenis usaha, nama dan lokasi bisnis kita. Terakhir, tuliskan tentang  struktur organisasi dari bisnis yang kita jalani.

3. Jelaskan Produk Bisnis Kita

Bisnis apapun harus mempunyai jenis produk yang hendak dijual, kita bisa tuliskan fokus produk yang dijual, apakah daging buruh puyuh atau telurnya. Sampaikan dengan detail keunggulan produk bisnis dan bagaimana cara membuat produk.

4. Tentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan siapa sebenarnya target pasar kita. Apakah rumah makan, restoran, ibu rumah tangga, pasar, dan sebagainya. Kita harus tentukan dengan jelas siapa yang hendak kita bidik sebagai target pasar bisnis burung puyuh.

5. Susun Strategi Promosi dan Marketing

Jelaskan seperti apa sih strategi pemasaran dan promosi yang hendak kita lakukan untuk bisa mendapat bantuan dana dari investor. Rencana pemasaran dan promosi sangat penting agar orang yang membaca proposal kita bisa menganalisis keuntungan yang didapatkan.

6. Susun Alokasi Dana Bisnis

Bagian selanjutnya dari membuat proposal adalah dengan menyusun anggaran keuangan bisnis dan bagaimana kita melaporkan keuangan. Buat susunan alokasi dana dengan transparan dan rinci untuk memudahkan investor menyediakan dana.

7. Buat Penutup

Cara yang terakhir adalah dengan membuat penutup. Kita bisa menuliskan kalimat dengan kata-kata yang sekiranya mempersuasif investor, agar berkenan memberikan dana setelah membaca proposal yang kita tuliskan.

BACA JUGA: PROPOSAL USAHA TELUR PUYUH RENDAH KOLESTEROL

Contoh Proposal Usaha Burung Puyuh

proposal usaha burung puyuh

(Pendahuluan)

Puyuh adalah nama umum yang diberikan kepada genus burung berukuran sedang dalam ordo Galliformes. Telur puyuh adalah bisnis yang terbilang menguntungkan untuk diambil daging dan telurnya. Banyak perusahaan yang sukses menjalankan bisnisnya di bidang ini.

(Profil Bisnis)

Jaya Poultry Farms adalah peternakan unggas yang berfokus pada bisnis burung puyuh  untuk daging dan telur. Peternakan unggas akan berlokasi di fasilitas peternakan yang ideal di pinggiran Ciloang, Jawa Barat.

Kami telah melakukan riset pasar dan studi kelayakan yang terperinci dan kami berhasil mengamankan 25 hektar lahan untuk memulai peternakan unggas.

Peternakan unggas kami kedepannya akan menjadi peternakan unggas komersial standar sehingga akan melakukan pemeliharaan, pengolahan dan pemasaran burung puyuh di tingkat komersial. Kami akan mengekspor puyuh hidup, daging puyuh olahan, dan telur ke kota bahkan negara-negara lain di dunia.

Visi kami sebagai perusahaan adalah menjadi salah satu merek peternakan puyuh terkemuka tidak hanya di Indonesia tetapi juga di panggung global. Kami ingin burung puyuh kami membanjiri setiap pasar di Indonesia dan negara-negara lain di dunia.

Untuk merealisasikan visi misi perusahaan, maka kami memiliki struktur bisnis seperti:

–       Chief Operating Officer

–       Manajer Peternakan

–       Manajer Sumber Daya Manusia dan Admin

–       Akuntan / Kasir

–       Eksekutif Penjualan dan Pemasaran

–       Karyawan Peternakan Puyuh

(Produk)

Budidaya, pengolahan dan pemasaran burung puyuh kami menghasilkan beberapa produk seperti:

–       Daging puyuh

–       Puyuh hidup

–       Telur puyuh

–       Olahan daging puyuh

(Target Pasar)

Setiap rumah tangga mengkonsumsi produk dari peternakan unggas komersial baik itu ayam, daging puyuh atau telur. Begitu juga hampir semua hotel dan restoran cepat saji menjual daging ayam dan telur, ada juga yang menjual daging puyuh.

Perusahaan kami, berkomitmen untuk mampu menjual puyuh dan telurnya kepada sebanyak mungkin orang. Untuk itu, kami telah memposisikan bisnis kami untuk menarik konsumen burung puyuh dan telur tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di belahan dunia lainnya.

Kami telah melakukan riset pasar dan survei dan kami akan memastikan bahwa kami memenuhi dan melampaui harapan yang kami tetapkan untuk bisnis ini.

Di bawah ini adalah daftar orang dan bisnis yang akan kami pasarkan burung puyuh dan telur kami:

–       Rumah Tangga

–       Perorangan

–       Hotel

–       Restoran

–       Tempat Makan Cepat Saji

(Strategi Promosi dan Marketing)

Kami cukup menyadari bahwa alasan mengapa beberapa bisnis peternakan burung puyuh hampir tidak menghasilkan keuntungan yang baik adalah ketidakmampuan mereka untuk menjual burung puyuh dan telurnya dengan tepat.

Singkatnya, kami akan mengadopsi strategi berikut dalam memasarkan produk komersial kami:

–       Mengirimkan brosur kepada pemangku kepentingan di industri pertanian, rumah tangga, hotel dan restoran serta pedagang warung makan.

–       Mengiklankan bisnis kami di majalah dan situs web terkait pertanian dan makanan.

–       Menghadiri seminar, dan pameran bisnis.

–       Menggunakan internet untuk mempromosikan bisnis.

–       Terlibat dalam pemasaran langsung.

–       Mendorong penggunaan word of mouth marketing.

(Alokasi Dana Bisnis)

Di bawah ini adalah proyeksi yang dapat kami buat selama tiga tahun pertama menjalankan Jaya Family Poultry:

Tahun Anggaran Pertama : Rp 30.000.000

Tahun Anggaran Kedua : Rp 50.000.000

Tahun Anggaran Ketiga: Rp 70.000.000

Proyeksi ini dilakukan berdasarkan apa yang dapat diperoleh di industri dan dengan asumsi tidak akan terjadi krisis ekonomi besar yang dapat berdampak negatif.

(Penutup)

Kami sangat berharap proposal yang kami ajukan bisa menjadi pertimbangan bagi bapak/ibu untuk berkenan mendukung usaha peternakan burung puyuh kami.

Dalam membuat sebuah proposal usaha burung puyuh, hal-hal yang harus ada ada dalam struktur penulisan adalah pendahuluan, profil bisnis, produk bisnis, target pasar, strategi promosi, alokasi dana, dan jangan lupa, penutup!

Leave a Reply

Your email address will not be published.