12 Peluang Usaha Aksesoris HP yang Bisa Jadi Inspirasimu

12 Peluang Usaha Aksesoris HP yang Bisa Jadi Inspirasimu

12 Peluang Usaha Aksesoris HP yang Bisa Jadi Inspirasimu

Aksesori HP sama pentingnya dengan ponsel dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian besar orang akan merasa sulit untuk bertahan hidup tanpa HP dan aksesori minimalnya. Setidaknya, ada beberapa peluang usaha aksesoris HP yang bisa dijual untuk berbisnis.

Baik itu power bank, earphone, atau smartwatch, aksesori ini kebanyakan diburu oleh beberapa orang yang memang sangat menyayangi smartphonenya. Dengan demikian, kehadiran aksesoris HP jelas menciptakan pasar  bisnis baru yang tumbuh pesat dari tahun ke tahun dan sulit untuk diabaikan.

Peluang Usaha Aksesoris HP

Sebuah studi terbaru di pasar aksesoris ponsel Indonesia mengungkapkan bahwa ada peningkatan pesat dalam penjualan aksesoris ponsel yang berbanding lurus dengan penjualan smartphone.

Pasar ponsel diperkirakan akan tumbuh dengan persentase sebesar 2,6% hingga 2020. Akibatnya, pasar aksesori ponsel juga akan terus tumbuh dan diperkirakan akan mencapai 107,3 ​​miliar dolar pada 2022.

Saat ini, pasar aksesoris ponsel mengalami pertumbuhan yang signifikan. Peningkatan penjualan smartphone memicu permintaan akan aksesoris ponsel. Peningkatan daya beli dan perubahan gaya hidup masyarakat menjadi faktor utama yang mendongkrak penjualan aksesoris HP.

Perusahaan seperti Apple Inc. dan Samsung Electronics adalah dua dari sekian produsen aksesoris ponsel terkemuka. Namun, selain kedua perusahaan tersebut, masih ada banyak kok peluang usaha aksesoris smartphone yang bisa digunakan untuk berbisnis, di antaranya adalah:

peluang usaha aksesoris hp

1. Casing

Casing dirancang untuk melindungi smartphone dan menjadi salah satu aksesoris yang paling populer dan banyak diburu.

Ukuran casing biasanya didasarkan pada layar atau tampilan ponsel. Ada beberapa jenis casing yang tersedia seperti holster, pouch, sleeve, skin, safety strap, bumper, shell, flip case, dompet, leather case, dll.

Casing sangat umum digunakan dan termasuk bantalan karet. Beberapa casing terbuat dari bahan plastik tanpa sudut yang terbuka. Casing dengan bahan yang berat biasanya dirancang untuk melindungi ponsel dari goresan dan jatuh.

2. Case With Stand

Case With Stand juga merupakan salah satu casing yang tidak kalah menariknya dari jenis casing lainnya. Case with stand sengaja dibuat untuk menjaga ponsel tetap berdiri atau dalam posisi tegak.

Banyak orang-orang yang menyukai aksesoris case with stand karena mudah diaplikasikan ketika hendak menonton streaming film maupun drama Korea.

3. Tongkat Selfie

Tongkat selfie adalah monopod genggam yang dapat diperpanjang. Kegunaan dari tongkat selfie adalah mengambil foto dari jarak jauh  yang sekiranya tidak bisa dijangkau oleh lengan manusia.

TRENDING:  Peluang Bisnis Dropshipper: Cara Kerja dan Keuntungannya

Dengan tongkat selfie, maka emungkinkan kamera untuk mengambil bidikan pada sudut yang mungkin tidak dapat dilakukan dengan tangan.

Tongkat selfie menjadi barang yang sangat populer mengingat banyaknya orang yang suka sekali selfie. Orang-orang di seluruh dunia selalu mencari banyak cara untuk selfie ketika bertemu dengan teman-teman mereka atau sedang bersama orang-orang terkasih.

4. Kickstand

Kickstand adalah salah satu barang yang tidak kalah pentingnya untuk smartphone. Jadi, ketika orang sedang membaca buku, menonton film, atau mengobrol di panggilan video, kickstand bisa digunakan karena bisa membuat smartphone berdiri sendiri.

Kickstand adalah sebuah penyangga smartphone yang bisa digunakan untuk menyangga HP di atas meja, atau permukaan datar lainnya sehingga orang dapat dengan nyaman melihat layar secara handsfree.

Menariknya dari kickstand adalah ukurannya yang kecil, sehingga mudah dibawa ke manapun dan bisa dipasang secara semi permanen ke bagian belakang ponsel.

5. Headphone

Headphone juga menjadi salah satu aksesoris smartphone yang tidak kalah pentingnya. Ada banyak jenis headphone yang datang dengan fitur yang berbeda.

Beberapa menggunakan Bluetooth untuk memutar musik sementara yang lain mungkin memerlukan kabel dengan satu ujung terhubung ke perangkat musik dan ujung lainnya terhubung ke headphone. Apapun pilihan headphonenya, aksesoris satu ini sangat menarik untuk dijadikan ladang berbisnis.

6. Powerbank

Powerbank adalah pengisi daya baterai portabel yang dapat mengisi daya perangkat apa pun melalui penggunaan kabel USB. Power bank merupakan barang yang sangat populer terutama jika orang bepergian ke tempat yang sulit mendapat aliran listrik.

Aksesori ini dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat seluler apa pun. Namun, powerbank harus diisi terlebih dahulu sebelum dapat mengisi daya perangkat lain.

7. SmartWatch

SmartWatch adalah perangkat teknologi yang dapat dikenakan oleh orang-orang untuk melakukan banyak aktivitas. Jadi, fungsi dari smartwatch tidak hanya memberi tahu tentang waktu saja, namun berbagai macam aktivitas.

Tergantung pada pabrik dan fitur di smartwatch, biasanya alat satu ini dapat menerima panggilan, pesan email, pemberitahuan, memeriksa tingkat kebugaran, memantau detak jantung dan aktivitas si penggunanya.

8. Pelindung Layar

Layar ponsel yang mudah rusak adalah sesuatu yang ingin dihindari oleh setiap pengguna smartphone. Namun, memang ada kemungkinan bahwa HP bisa terlepas dari jari dan mengenai lantai.

Inilah sebabnya mengapa smartphone perlu mendapatkan perlindungan ekstra untuk layar ponsel berapapun biayanya. Nah, screen protector atau pelindung layar ponsel harganya jauh lebih murah daripada mengganti layar ponsel.

TRENDING:  Usaha Warung Sembako: Bisnis yang Eksis dari Zaman ke Zaman

Aksesoris HP satu ini banyak dibutuhkan oleh orang-orang karena menawarkan perlindungan yang cukup ketika ponsel jatuh.

Meskipun pelindung layar ponsel akan menjaga layar ponsel tetap aman, namun tidak 100% efisien. Layar ponsel dan pelindung layar akan retak jika ponsel jatuh dari ketinggian yang sulit dijangkau.

9. Kabel OTG

Kabel OTG memungkinkan siapapun menghubungkan ponsel ke laptop atau komputer dan mentransfer file. OTG  memiliki kegunaan yang hampir sama dengan pengisi daya USB karena menjalankan fungsi yang sama.

Perangkat OTG yang paling populer adalah flash drive OTG. Flash drive adalah perangkat penyimpanan untuk data, video, audio, dan file penting lainnya. Dengan flash drive OTG, seseorang dapat menghubungkan flash drive ke ponsel dan mentransfer file ke drive.

10. Phone Stand Holder

Menonton film di ponsel bisa menjadi hal yang membosankan, apalagi jika ponsel harus terus menerus dipegang dengan tangan selama beberapa jam.

Bagi orang-orang yang suka menonton film dengan ponsel, aksesori ponsel satu ini adalah yang terbaik karena berfungsi sebagai dudukan ponsel. Phone stand holder membuat siapapun nyaman dan bebas menonton film tanpa repot.

11. Finger Strap

Untuk mencegah smartphone jatuh ke tempat yang tidak terduga, maka pemilik HP harus memiliki finger strap untuk menahan ponsel di tempatnya.

Nah, aksesoris satu ini juga bisa menjadi peluang bisnis karena menawarkan perlindungan untuk mencegah smartphone terjatuh dan juga membuat HP terlihat modis.

12. Holder Lengan

Holder lengan untuk smartphone juga bisa dijadikan peluang  berbisnis. Aksesoris satu ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang suka berolahraga, terutama berlari karena mereka  harus menyimpan ponsel di tempat yang aman.

Sayangnya, menyimpan ponsel di saku bukanlah hal yang tepat karena bisa saja HP terjatuh selama olahraga. Nah, dengan aksesoris holder lengan ini, maka orang bisa aman berolahraga tanpa khawatir akan ponselnya.

Beberapa peluang usaha aksesoris HP yang bisa dimanfaatkan adalah casing, casing with stand, tongkat selfie, kickstand, handphone, smartwatch, pelindung layar, OTG, power bank, finger strap, phone stand holder hingga holder lengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *