Lebih Hemat Kuota, Coba Tips Meeting Hemat dengan Google Meet Berikut

Tips Meeting di Google Meet Agar Hemat Kuota Internet

Tips Meeting di Google Meet Agar Hemat Kuota Internet

Masa pandemi saat ini, kebutuhan akan meeting terutama di dunia pekerjaan, sekolah dan kegiatan lainnya yang awalnya secara offline mulai beralih secara online. Tidak bisa dipungkiri kondisi saat ini memaksa semua kegiatan dilakukan dengan online (dalam jaringan). Beberapa penyedia layanan meeting dan pertemuan online mulai muncul.

Aplikasi Zoom meeting menjadi terdepan dan terpesat perkembanganya dari segi popularitas dan jumlah pemakainya. Di sisi lain, layanan meeting online saingan zoom yang cukup banyak dipakai khalayak masyarakat adalah Google Meet.

Apa Itu Google Meet

Aplikasi Google Meet merupakan aplikasi penyedia layanan meeting, atau video konferens yang dapat digunakan untuk pertemuan atau kegiatan pembelajaran jarak jauh. Akan tetapi beberapa kendala yang ditemui adalah aplikasi seperti ini cukup menguras pemakaian paket internet.

Menurut Google, penggunaan Google Meet untuk meeting setidaknya bisa memotong kuota internet sebesar 2,6 GB setiap jam dimana kualitas video yang digunakan adalah HD (720p). Akan tetapi, jika pengaturan Google Meet di setting pada kualitas SD (480p) kuota data yang digunakan hanya 0,9 GB per jamnya.

Kondisi ini bisa meningkat drastis apabila penggunaan waktu meeting ataupun belajar online mencapai beberapa jam dalam satu harinya. Tentu akan menyebabkan kendala kuota jika memakan data yang begitu besar.

Akan tetapi, saat ini suda ada tips untuk melakukan penghematan penggunaan kuota ketika meeting dengan Google Meet sebagai berikut.

Cara Menghemat Kuota Saat Meeting di Google Meet (Versi Hanphone)

Tips menghemat kuota ini dapat dipraktekkan di hanphone baik iOS maupun Android. Caranya dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Cari dan klik ikon tiga garis strip yang ada di aplikasi Google Meet.
  2. Setelah itu, klik menu Settings dan pilih opsi opsi “Limit data usage”.
  3. Setelah opsi toggle aktif, maka secara otomatis Google Meet akan mengurangi penggunaan kuota data internet selama meeting atau belajar online berlangsung.

Cara Menghemat Kuota Saat Meeting di Google Meet (Versi PC/Laptop)

Cara menghemat penggunaan internet saat meeting dengan Google Meet ternyata juga tersedia di PC maupun laptop. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan resolusi video saat meeting untuk mengurangi penggunaan internet data.

Resolusi video yang perlu diturunkan kualitasnya adalah video dari komputer pengguna dan video yang diterima dari peserta lain dalam google meeting). Tips dan teiknya adalah:

  1. Masuk akun google meet yang dimiliki
  2. Cari dan klik menu Settings
  3. Cari dan pilih opsi Video setelah itu ubah opsi video menjadi standard definiton (360p).
  4. Pada pilihan opsi Receive resolution, jadikan resolusi video menjadi Standard definiton (360p).
  5. Tips lain agar penggunaan kuota menjadi hemat adalah dengan mematikan video maupun mic audio meeting disaat tidak diperlukan. Jadi hanya mendengar audio saja.

Cara Menghemat Kuota Meeting Google Meet (Versi Host Meeting)

Settingan pengaturan di atas adalah cara yang bisa dilakukan oleh masing-masing pengguna atau peserta meeting. Ada cara lain yang bisa dilakukan oleh Host meeting di Google Meet dengan memperkecil revolusi video selama meeting dilakukan. Tahapannya adalah sebagai berikut

  1. Patikan anda adalah Host meeting di Google Meet
  2. Cari dak klik menu Apps di menu Google Meet
  3. Klik pilihan Google Workspace
  4. Lalu, cari dan klik opsi Settings for Google Meet > Meet video settings.
  5. Pada pengaturan sub-menu Default video quality, host harus mengubah pengaturan Limited video bandwidth untuk mengganti kecepatan uplink menjadi 1 Mbps saja.

Demikian tutorian Tips Meeting di Google Meet Agar Hemat Kuota Internet semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *